Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Menilik I-Pace, Mobil Terbaik di Dunia

Jaguar I-Pace sebagai mobil terbaik dunia 2019, setelah sebelumnya menjadi mobil terbaik di Eropa.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 02 Mei 2019  |  23:57 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Era mobil listrik sebagai kendaraan masa depan tampaknya kian nyata dan secara perlahan mulai mengambil tempat menggantikan kendaraan berbahan bakar bensin dan diesel.

Ini dibuktikan dengan semakin banyaknya pabrikan mobil yang memperkenalkan dan meluncurkan sejumlah mobil listrik pada ajang pameran otomotif internasional yang berlangsung sepanjang 2018 hingga 2019.

Eksistensi mobil listrik ini semakin kuat dengan dinobatkannya Jaguar I-Pace sebagai mobil terbaik dunia 2019, setelah sebelumnya menjadi mobil terbaik di Eropa.

Jaguar I-Pace merupakan mobil listrik pertama yang muncul dan berhasil menyabet gelar bergengsi di jagat otomotif dunia, setelah beberapa tahun dikuasai mobil berbahan bensin dan diesel.

Penghargaan tersebut diumumkan dalam perhelatan New York International Auto Show 2019 di The Javits Convention Centre. I-Pace berhasil mengalahakan 40 pesaingnya, termasuk dua pesaing terberatnya yaitu Audi e-tron SUV dan Volvo S60.

Kendaraan ini dipilih oleh panel juri internasional yang terdiri atas 86 jurnalis otomotif terkemuka dari 24 negara di seluruh dunia. Setiap juri ditunjuk oleh Komite Pengarah Mobil Dunia berdasarkan keahlian, pengalaman, kredibilitas, dan pengaruhnya.

SUV Crossover Jaguar I-Pace ini pertama kali dirilis pada 2018 dan merupakan kendaraan pertama Jaguar yang digerakkan oleh tenaga listrik, sekaligus menandakan awal perubahan besar Jaguar berinvestasi pada mobil listrik sebagai kendaraan masa depan.

Dipilihnya I-Pace sebagai kendaraan terbaik didasarkan dari berbagai sudut pandang mulai dari inovasi, kinerja, hingga kecanggihan yang ditawarkan. Crossover mewah ini pun seolah mampu menyatukan warisan performa mobil sport ala Jaguar dengan masa depan elektrifikasi yang dikombinasikan dengan kemewahan kepraktisan berkendara SUV.

Kendaraan ini bahkan disebut sebagai crossover kompak yang tangguh dan mampu tampil cemerlang di segala medan mulai dari lintasan pacu kuda hingga sirkuit offroad yang sangat menantang.

Baterai yang terlindungi dan disegel membawanya seperti juara saat dikendarai di medan yang berlumpur dan berair. Sementara itu, pada lintasan motor listrik yang responsif dan penanganan yang seimbang, memungkinkan pengendara untuk dapat mendorong lebih kuat dari yang dibayangkan.

Sebagai kendaraan listrik pertama Jaguar, I-Pace tergolong cukup mumpuni karena mampu mengisi daya hingga 80% hanya dalam waktu 40 menit dengan pengisian daya 100 kW DC.

Kendaraan ini memiliki baterai lithium-ion dengan kapasitas 90kWh yang canggih dan mampu menempuh jarak hingga 470 kilometer. Jaguar juga mengklaim mobil ini hanya membutuhkan waktu sekitar 10 jam untuk mencapai kondisi pengisian yang sama jika mengisi dari rumah.

Meski ditenagai oleh listrik, bukan berarti Jaguar I-Pace tidak mampu melaju dengan kecepatan maksimum. Kendaraan ini mampu bergerak dengan kecepatan 0—100 km/jam hanya dalam 4,5 detik dengan kecepatan maksimum 200 km/jam.

Mobil Desain Terbaik

Tidak hanya berhasil menyabet sebagai kendaraan terbaik dunia, pabrikan mobil asal Inggris ini juga meraih penghargaan sebagai mobil ramah lingkungan terbaik serta mobil dengan desain terbaik.

Tak heran bila I-Pace berhasil memborong berbagai penghargaan. Lihat saja tampilannya yang begitu menawan dengan ciri khas kendaraan SUV crossover yang sporty dan elegan. Memiliki ruang interior yang luas dan menyenangkan, serta ditenagai oleh teknologi elektrifikasi terdepan yang ramah lingkungan.

Mobil listrik yang tidak membutuhkan powertrain besar untuk bensin dan diesel yang mengisi ruang engine ini, memungkinkannya untuk berkesperimen menampilkan desain futuristik yang kuat dan penuh kemewahan, dengan bentuk yang lebih ramping dan kompak.

Desain gagah dan mulus ini kemudian dipadukan dengan roda 22 inci opsional atau 18 inci yang menjadi standard, mengorbankan efisiensi bahan bakar dan kualitas pengendaraan untuk gaya dan cengkraman kuat di jalanan.

Dari sisi kabin, Jaguar I-Pace dilengkapi dengan permukaan berlapis kulit dan layar sentuh digital yang disempurnakan dengan kecanggihan modern. Dasbor nya pun mendapatkan sentuhan futuristic yang didapatkan pada tiga layar.

Kenyamanan berkendara akan sangat dirasakan selama mengemudi dengan berbagai tombil pengaturan di bagian kiri dan kanan pegangan yang memberikan kemudahan dalam mengakses sejumlah fitur.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mobil Listrik jaguar
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top