Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

All New 2020 Subaru Outback, Ekspektasi Baru Berkendara

Pada hari pertama digelarnya pameran itu, Subaru merilis kendaraan terbarunya, All New 2020 Subaru Outback. Berbeda dengan generasi sebelumnya, kini pabrikan asal Jepang itu menanamkan mesin turbocharger pertama dalam satu dekade terakhir.
Thomas Doll, Presiden dan CEO Subaru Amerika./Bloomberg/Spencer Platt
Thomas Doll, Presiden dan CEO Subaru Amerika./Bloomberg/Spencer Platt

Bisnis.com, JAKARTA – Subaru seakan menghentakkan lantai New York International Auto Show di Amerika Serikat. Subaru seakan menghentakkan lantai New York International Auto Show di Amerika Serikat.

Pada hari pertama digelarnya pameran itu, Subaru merilis kendaraan terbarunya, All New 2020 Subaru Outback. Berbeda dengan generasi sebelumnya, kini pabrikan asal Jepang itu menanamkan mesin turbocharger pertama dalam satu dekade terakhir.

Ketangguhan dengan dapur pacu turut didukung dengan sajian teknologi baik secara eksterior maupun interior saat berkendaraan. Tak ayal pabrikan mengklaim sebagai mobil paling aman dan berteknologi di jajaran crossover –SUV.

Tampil di hadapan publik AS, Subaru berusaha untuk memasuki pasar jenis kendaraan yang paling digemari masyarakat Negeri Paman Sam. Pembaruan pada jenis outback diyakini memberikan ekspektasi baru bagi para pengguna mobil dengan kecanggihan dan daya pacu mentereng.

Sisi eksterior Subaru masih cukup khas dengan keluaran tipe lainnya. Lampu LED menghalang kabut di bagian depan, grill berbentuk heksagonal, bentuk bodi kokoh hingga penggunaan kaca depan lebar diterapkan demi menciptakan pandangan pengemudi menjadi lebih terbuka.

Bloomberg menyebut kendaraan ini turut menambahkan beberapa fitur yang dirancang untuk mengalahkan para pesaingnya seperti Honda CR-V dan Toyota RAV4. Bahkan Subaru menyebut dirinya sebagai kendaraan paling aman dengan sajian teknologi mutakhir masa kini.

Sadar akan penggunaan di berbagai medan, Outback dilengkapi dengan suspensi baru yang lebih ringan dan responsif. Suspensi depan menggunakan struts MacPherson yang memberikan kenyamanan lebih saat berkendara.

Dari sisi keamanan, Subaru menawarkan struktur rangka kaku sebagai upaya memproteksi kerusakan saat terjadi benturan. Ketika kecelakaan tidak dapat dihindari, Outback melindungi pengguna dengan delapan airbag standar, termasuk airbag di bagian lutut pengemudi.

Perihal keamanan ini, Subaru menargetkan jenis Outback dapat mencapai skor keamanan tertinggi saat diuji akhir tahun ini. Seluruh standar keamanan ini didukung oleh sistem EyeSight Driven Assist Technology.

Teknologi tersebut membantu pengemudi untuk tetap mempertahankan mobil pada jalur lintasan dan berbelok saat mobil mulai keluar lintasan jalan. Outback juga dilengkapi dengan kamera inframerah khusus dan teknologi pengenal wajah.

Sistem itu digunakan untuk mengidentifikasi tanda-tanda kelelahan atau gangguan pengemudi. Kamera juga akan memberikan peringatan secara audio dan visual untuk mengingatkan pengemudi dan penumpang tetap fokus pada jalur.

Teknologi tambahan yang tersedia untuk pengemudi termasuk headlamps responsif steering LED, sistem pengeremen otomatis, pendeteksi titik buta dengan lane change assist dan peringatan di belakang mobil. Teranyar lainnya adalah eyesight assist monitor dengan tampilan head-up sebagai panduan berkendara bagi pengemudi.

Meski telah didahului oleh berbagai pabrikan, Subaru tetap memberikan front view monitor yang menangkap gambar dalam titik buta atau blind spot di depan kendaraan. Monitor juga menampilkan gambaran 180 derajat pada layar cukup besar mencapai 11,6 inci. Pengendara akan diberikan pandangan lebih luas saat memeriksa kondisi jalan di depan ataupun ketika akan parkir.

Pada 2020 Outback turut memberikan kabin kedap suara. Situs resmi Subaru bahkan menyebut kekedapan suara ini hampir mencapa 3 dB lebih tenang pada kecepatan tertentu di jalan raya.

Para insinyur kendaraan ini disebut telah bekerja keras untuk menemukan cara mengurangi kebisingan yang tidak diinginkan masuk ke dalam kabin.

Untuk keperluan di musim dingin Subaru Outback 2020 menempatkan pemanas kursi dengan tiga tingkat penyesuaian suhu serta cakupan yang diperpanjang hingga ke bahu. Sementara itu, sebagai penyalur daya untuk perangkat pribadi, Outback dilengkapi dengan empat port USB dan hingga hotspot WiFi.

DAPUR PACU

Subaru Outback tampil untuk memberikan pengalaman saat berkendara di berbagai lintasan. Dengan sistem all wheel drive (AWD), kendaraan ini dapat memberikan kelegaan ketika dalam trek berbatu dan sulit dijajal kendaraan biasa. All wheel drive adalah sistem yang memungkinkan seluruh roda menjadi penggerak.

All wheel drive sedikit berbeda dengan 4WD atau 4x4. Sistem 4x4 memungkinkan pengguna untuk menggerakkan seluruh roda saat beroperasi. Namun sistem itu dapat diatur kembali menjadi dua roda saja sebagai penggerak. Sementara itu, AWD secara terus menerus memungkinkan seluruh roda sebagai penggerak.

Jajaran outback menawarkan mesin turbocharged. Standar pada model XT, mesin Boxer 2.4 liter turbocharged memberikan kinerja keseluruhan mesin menjadi cukup kuat dengan 260 tenaga kuda pada 5.600 rpm dan torsi 277 lb-ft pada 2.000 rpm.

Sementara itu, mesin Boxer standar 2.5 liter dengan injeksi langsung menghasilkan 182 tenaga kuda pada 5.800 rpm dan torsi 176 lb-ft pada 4.400 rpm. Semua model Outback 2020 dipasangkan Lineartronic CVT yang menampilkan fungsi manual 8-kecepatan. Adapun untuk Turbo 2,4 liter menghasilkan 3,500 lb-ft.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rayful Mudassir
Sumber : Bisnis Indonesia Weekend

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper