Jadi Tren Global, Demam Mobil SUV Terus Berlanjut

Produsen otomotif kian aktif menghadirkan model sport utility vehicle (SUV) seiring popularitas model ini. SUV menjadi salah satu pasar yang berkembang pesat selama 5 tahun terakhir.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 29 April 2019  |  13:03 WIB
Jadi Tren Global, Demam Mobil SUV Terus Berlanjut
Kona, SUV anyar andalan Hyundai - Thomas Mola

Bisnis.com, JAKARTA — Produsen otomotif kian aktif menghadirkan model sport utility vehicle (SUV) seiring popularitas model ini. SUV menjadi salah satu pasar yang berkembang pesat selama 5 tahun terakhir.

Pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019, produsen otomotif menghadirkan beragam model SUV mulai dari berterknologi hybrid, SUV kompak, hingga model SUV dengan harga beririsan dengan model multi purpose vehicle (MPV).

Toyota menghadirkan C-HR Hybrid, SUV 5 penumpang yang diklaim lebih efisien hingga 62% dibandingkan model konvensional. Model hibrida terbaru ini, menggunakan mesin 2ZR-FXE dengan tenaga 100 ps yang dikombinasi motor listrik 36 ps. PT Toyota-Astra Motor (TAM) melepas mobil ini seharga Rp523 juta.

Marketing Director TAM Anton Jimmi Suwandy mengatakan, berkaca dari penjualan Camry Hybrid, minat konsumen terhadap kendaraan hibrida selama beberapa tahun terakhir terus meningkat. C-HR hadir untuk konsumen yang menyukai SUV tetapi juga peduli pada lingkungan.

"Porsi penjualan Camry Hybrid dalam beberapa tahun belakangan ini terus meningkat, dari semula di tahun 2018 hanya sekitar 7% dari total penjualan menjadi 12% dari total penjualan sedan medium ini," ujarnya kepada Bisnis baru-baru ini.

Pemain lain yang juga menghadirkan SUV 5 seater ialah PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) melalui Hyundai Kona. Model anyar itu melengkapi dua SUV Hyundai lainnya yang telah hadir di pasar yakni Santa Fe dan Tucson.

Presiden Direktur HMI Mukiat Sutikno mengatakan, kendati di Indonesia MPV masih menjadi primadona, tetapi SUV telah menjadi tren global. Segmen SUV di Tanah Air selama beberapa tahun terakhir terus membesar.

"Kami menambahkan Kona. Di segmen atas kami punya Santa Fe, medium ada Tucson dan Kona di bawahnya," ujarnya kepada Bisnis.

Mobil dengan 6 airbag ini dipasarkan Rp363,9 juta dengan empat pilihan warna pulse red, chalk white, phantom black, dan dark night

Model SUV lain yang hadir di IIMS ialah Glory 560 dari PT Sokonindo Automobile (DFSK). Produsen asal China yang bertekad menjadi "ahli SUV" ini memasarkan Glory 560 mulai dari Rp189 juta untuk varian paling rendah dengan mesin 1.5L turbo 6M/T B-type dan Rp239 juta untuk varian tertinggi 1.8 L CVT L-Type.

Managing Director PT Sokonindo Automobile of Sales Centre Franz Wang mengatakan, pasar SUV Indonesia tumbuh sangat cepat karena konsumen mengganti kendaraan dari MPV kepada SUV.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
otomotif

Editor : Galih Kurniawan
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top