Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tol Trans Jawa, Pintu Gerbang Kebangkitan Angkutan Jalan

Keberadaan jalan tol Trans Jawa membuka peluang moda angkutan jalan raya akan menjadi primadona. Pasalnya, bila dibandingkan dengan moda transportasi lain, bus memiliki sejumlah keunggulan, di antaranya dari harga yang minim tetapi dengan waktu tempuh yang relatif lebih singkat.
Pekerja menguruk tepi jalan tol Trans Jawa ruas Ngawi-Kertosono yang sebelumnya terendam banjir, kini  sudah normal kembali, di Desa Glonggong, Balerejo, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Jumat (8/3/2019)./ANTARA-Siswowidodo
Pekerja menguruk tepi jalan tol Trans Jawa ruas Ngawi-Kertosono yang sebelumnya terendam banjir, kini sudah normal kembali, di Desa Glonggong, Balerejo, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Jumat (8/3/2019)./ANTARA-Siswowidodo

Bisnis.com, JAKARTA - Keberadaan jalan tol Trans Jawa membuka peluang moda angkutan jalan raya akan menjadi primadona. Pasalnya, bila dibandingkan dengan moda transportasi lain, bus memiliki sejumlah keunggulan, di antaranya dari harga yang minim tetapi dengan waktu tempuh yang relatif lebih singkat.

Direktur Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan, Ahmad Yani mengatakan bahwa tol Trans Jawa menjadi pintu gerbang dari kebangkitan angkutan jalan.

"Terjadi peningkatan penumpang sebesar 20% untuk angkutan jalan. Yang menurun adalah [penumpang] pesawat. Alasannya, harga mahal, waktunya relatif sama ditambah ada kemungkinan delay," ujarnya dalam acara #ScaniaTransJawa di Bekasi, Selasa (2/4/2019).

Dia juga memaparkan perbandingan moda angkutan antarkota yakni Jakarta-Semarang, Jakarta-Solo, dan Jakarta-Surabaya. Menurutnya, dengan keberadaan jalan bebas hambatan atau tol Trans Jawa, perjalanan dari Jakarta menuju Semarang hanya menempuh waktu 6 jam dengan bus atau sama dengan kereta api, dan sekitar 1 jam dengan memanfaatkan jalur udara atau pesawat.

Namun, dari sisi ongkos perjalanan, bus jauh lebih murah yakni hanya berkisar Rp170.000. Sedangkan ongkos kereta api mencapai Rp370.000 dan pesawat Rp532.000.

Kemudian, perjalanan Jakarta ke Solo hanya membutuhkan waktu 7 jam melalui tol Trans Jawa. Waktu ini jauh lebih singkat bila dibandingkan dengan moda kereta api yang membutuhkan waktu sekitar 8,5 jam.

Lagi-lagi, biaya yang harus dikeluarkan penumpang bus lebih murah yakni sekitar Rp200.000 dibandingkan dengan ongkos kereta api yang mencapai sekitar Rp370.000. Naik pesawat memang lebih cepat sampai yakni hanya memakan waktu sekitar 1 jam, tetapi biayanya hampir tiga kali lipat dari ongkos bus yakni mencapai Rp598.000

Keberadaan tol Trans Jawa juga menjadi awal Scania mulai meluncurkan chasiss truk jalan raya. Sebelumnya, merek yang dikelola United Tractor ini hanya bermain di segmen truk untuk segmen pertambangan. Harijadi Mawardi, General Manager PT United Tractors mengatakan keberadaan tol Trans Jawa menjadi alasan pihaknya mulai masuk ke segmen truk angkutan jalan.

"Sebelumnya truk kami banyak bergerak di sektor pertambangan, tetapi dengan akses jalan tol yang semakin panjang di Jawa, kami mencoba untuk meluncurkan truk jalan raya di samping bus," ujarnya.

Namun, dia memastikan pihaknya belum ada rencana untuk melakukan program serupa atau #ScaniaTransJawa di pulau Sumatera. "Jalan tol di Sumatera belum panjang," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper