Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Inilah 4 Model Terlaris Toyota Tahun 2018

Toyota menempatkan empat model kendaraan terlaris dalam daftar 10 model terlaris tahun 2018. Keempat model itu masih diandalkan untuk mendulang volume unit penjualan pada tahun ini.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 15 Februari 2019  |  23:00 WIB
Model berpose saat peluncuran New Avanza dan New Veloz di Jakarta, Selasa (15/1/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam
Model berpose saat peluncuran New Avanza dan New Veloz di Jakarta, Selasa (15/1/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA--Toyota menempatkan empat model kendaraan terlaris dalam daftar 10 model terlaris tahun 2018. Keempat model itu masih diandalkan untuk mendulang volume unit penjualan pada tahun ini.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat dari 10 model terlaris tahun 2018, Toyota sebagai pemimpin pasar mengirim empat model yakni Avanza, Calya, Innova dan Rush.

Laris manisnya keempat model itu dibenarkan oleh Chief Executive Officer Auto2000 T. Martogi Siahaan. Auto2000 sebagai jaringan dealer yang berkontribusi sebesar 43% terhadap penjualan Toyota menyebutkan empat model itu masih akan menjadi pendorong penjualan tahun ini.


"Paling besar [penjualan] itu adalah Avanza, Calya, Rush dan Agya dan berikutnya Innova," ujarnya di Jakarta baru-baru ini.

Berikut 4 Model Terlaris Toyota

1. Avanza

Gaikindo mencatat Avanza tidak tergoyakan sebagai model terlaris tahun 2018. Tahun lalu, Avanza masih mampu dipasarkan sebanyak 82.167 unit. Jumlah penjualan itu sejatinya turun 29,36% dibandingkan 2017 yang sebanyak 116.311 unit.

Penurunan penjualan Avanza tahun lalu itu banyak dipengaruhi oleh ketatnya persaingan segmen low multi purpose vehicle (LMPV), khususnya LMPV racikan Mitsubihsi Motors yakni Xpander. Xpander bahkan mampu menjadi model kedua terlaris setelah Avanza.

Pada tahun ini, Toyota nampak berbenah dengan memberikan sentuhan penyegaran pada Avanza yang telah diperkenalkan awal Januari lalu. Grand New Avanza mendapat perubahan baik dari sisi desain hingga penambahan beragam fitur tetapi dengan harga tetap.

Toyota Astra-Motor (TAM) selaku pemegang merek Toyota di Tanah Air menargetkan Grand New Avanza mampu dipasarkan pada kisaran 3.000 unit per bulan sekaligus menopang ambisi Toyota untuk mempertahankan 30% pangsa pasar tahun ini.

2. Calya

Model kendaraan low cost green car (LCGC) Toyota ini menempati posisi ketiga sebagai kendaraan terlaris tahun 2018. Calya mampu dipasarkan sebanyak 63.970 unit, atau setara dengan 5,2% dari total pasar otomotif nasional yang sebanyak 1,15 juta tahun lalu.

Seperti LCGC lainnya, Calya menyasar pembeli mobil pertama. Strategi produk Calya yang menawarkan tujuh penumpang menjadi daya tarik tersendiri produk ini.

Praktisnya, pada segmen LCGC, Calya hanya bersaing dengan Sigra yang dipasarkan Daihatsu karena sama-sama mengusung kapasitas 7 penumpang. Sigra juga masuk sebagai model terlaris yang menempati posisi kedelapan dengan raihan 50.907 unit.

3. Innova

Model MPV medium ini telah lama menjadi pilihan konsumen pada kelasnya. Di tengah gempuran LPMV, pada segmen Avanza, Innova mampu tumbuh positif. Tahun lalu Innova mampu dipasarkan sebanyak 59.630 unit, sekaligus berhak menempati posisi keempat sebagai model terlaris.

Penjualan MPV pada tahun 2018 tercatat sebanyak 68.874 unit, turun cukup dalam yakni 18,31% dibandingkan tahun 2017. Innova juga tergerus tetapi hanya turun 3,47% dibandingkan tahun 2017.

Namun jika diteliti, dengan penjualan 2018 sebanyak 59.630 unit, Innova telah menjadi penguasa mutlak segmen medium MPV dengan pangsa 86,5% dari total pasar MPV medium.

"Yang jelas [penurunan pasar MPV] karena banyak LPMV yang diperkenalkan, dengan model terbaru, variasi modelnya banyak, desain baru dan harga yang lebih murah," ujar Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor (TAM).

4. Rush

Munculnya model Rush dalam deretan 10 besar kendaraan penumpang terlaris tahun 2018 cukup mengejutkan. Pasalnya, Rush sebelumnya tidak sepopuler tiga model Toyota lainnya.

Namun, perubahan desain yang lebih sportif pada Rush sukses mendulang volume penjualan dengan raihan 53.145 unit tahun 2018. Capaian itu membuat Rush berhak menempati posisi ketujuh sebagai model terlaris tahun 2018.

Penjualan All New Rush bisa dikatakan hadir pada momen yang tepat yakni ketika terjadi pergeseran tren konsumen yang beralih ke model sport utility vehicle (LSUV) 1.500 cc. Rush dengan tujuh penumpang telah menjadi pilihan alternatif di luar model MPV.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Toyota Motor Corporation
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top