Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Tips Agar Truk Mampu Melaju Lancar di Jalanan Menanjak

Kendala yang cukup sering dialami pengemudi truk bermuatan adalah di jalanan menanjak. Kesalahan dalam perpindahan gigi atau transmisi dapat menyebabkan truk tidak mampu melaju dan malah bergerak mundur dan mengakibatkan kecelakaan.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 25 Januari 2019  |  16:00 WIB
Mitsubishi Fuso eCanter.  - Daimler
Mitsubishi Fuso eCanter. - Daimler

Bisnis.com, JAKARTA - Kendala yang cukup sering dialami pengemudi truk bermuatan adalah di jalanan menanjak. Kesalahan dalam perpindahan gigi atau transmisi dapat menyebabkan truk tidak mampu melaju dan malah bergerak mundur dan mengakibatkan kecelakaan.

Head of Technical Service Department PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) Yuswadi mengatakan, bila terlanjur bergerak mundur, pengemudi juga dapat memanfaatkan break engine untuk menahan laju truk.

"Untuk menyisasti jelanan menanjaj, sejak awal pengemudi harus bertahan di gigi [transmisi] satu. Jangan mencoba pindah gigi di tengah tanjakan," ujarnya kepada Bisnis, Kamis (24/1/2019).

Dia juga mengimbau untuk rutin memeriksa kondisi rem. Menurutnya rem yang tidak berfungsi atau blong disebabkan dua hal yakni pemakaian yang terus menerus dan rem memang dalam kondisi rusak.

Selain itu, kelebihan muatan dari yang seharusnya juga dapat menyebabkan ketidakmampuan truk melaju di tanjakan yang curam. "Jadi rem dan massa muatan harus diperhatikan sebelum melakukan perjalanan," imbuhnya

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mitsubishi Fuso Truk Hino
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top