Scania : Alat Penyesuai Deflektor Udara Bikin Hemat BBM

Ketinggian 6 centimeter yang tidak tepat dapat mengakibatkan peningkatan konsumsi bahan bakar 1% dan dengan kesalahan 10 sentimeter, hukuman bahan bakarnya 1,5%
Fatkhul Maskur | 13 Januari 2019 13:10 WIB
Deflektor diposisikan dengan mempertimbangkan tinggi trailer paling umum milik pelanggan. - SCANIA

Bisnis.com, GOETHERBERG - Penyesuaian deflektor udara atap yang benar antara traktor dan trailer dapat menghemat setidaknya 1% pada tagihan bahan bakar. Untuk memfasilitasi penyesuaian yang lebih sederhana, Scania baru-baru ini memperkenalkan sakelar panel instrumen untuk menyesuaikan ketinggian deflektor.

"Ketinggian 6 centimeter yang tidak tepat dapat mengakibatkan peningkatan konsumsi bahan bakar 1% dan dengan kesalahan 10 sentimeter, hukuman bahan bakarnya 1,5%," kata Per Elofsson, Manajer Teknis Senior Aerodinamika untuk Scania, dalam keterangan pers, Rabu (9/1/2019).

Setelah pengiriman dari dealer, deflektor diposisikan dengan mempertimbangkan tinggi trailer paling umum milik pelanggan. Aturan praktisnya adalah untuk mendapatkan udara yang mengalir dari deflektor sedikit di atas tepi depan trailer atau bodywork. Ini lebih mudah dikatakan daripada dilakukan dan penyesuaian yang optimal membutuhkan perhitungan yang terampil oleh bengkel.

Namun, ketika sebuah traktor dipasangkan dengan sebuah trailer yang ketinggiannya berbeda dari biasanya, pengemudi dapat membuat sendiri penyesuaian dengan menggunakan sakelar. Dengan hanya mengamati apakah trailer lebih tinggi atau lebih rendah dari normal, sedikit penyesuaian dapat dilakukan. Sebagai panduan, lebih baik deflektor agak terlalu tinggi dalam kaitannya dengan trailer daripada sebaliknya untuk kinerja bahan bakar yang lebih baik.

Tag : Scania AB
Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top