Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AHM dan SMK Negeri 3 Tanjung Selor Kerja Sama Link and Match

PT Astra Honda Motor merupakan salah satu perusahaan yang serius mengembangkan pendidikan vokasi melalui program link and match. Menjelang tutup tahun, pabrikan sepeda motor terbesar di Indonesia ini meresmikan SMK mitra binaannya yang ke 686 di Kabupaten Bulungan, Kaltara, yakni SMK Negeri 6 Tanjung Selor.
Direktur PT Astra Honda Motor (AHM) Markus Budiman (tengah) menyerahkan donasi program link and match kepada SMK Negeri 3 Tanjung Selor, Bulungan, Kaltim, Kamis (13/12/2018)
Direktur PT Astra Honda Motor (AHM) Markus Budiman (tengah) menyerahkan donasi program link and match kepada SMK Negeri 3 Tanjung Selor, Bulungan, Kaltim, Kamis (13/12/2018)

Bisnis.com, BULUNGAN - PT Astra Honda Motor (AHM) merupakan salah satu perusahaan yang serius mengembangkan pendidikan vokasi melalui program link and match. Menjelang tutup tahun, pabrikan sepeda motor terbesar di Indonesia ini meresmikan SMK mitra binaannya yang ke 686 di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, yakni SMK Negeri 6 Tanjung Selor.

Di area dealer utama Astra Motor Balikpapan--yang mencakup lima kabupaten di Provinsi Kaltim dan Kaltara, SMK Negeri 6 Tanjung Selor, adalah mitra binaan kelima program link and match AHM. Naskah kesepahaman kerja sama program ini secara resmi ditandatangani oleh GM Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin dan Kepala SMK Negeri 6 Tanjung Selor Ibnu Wistoro, Kamis (13/12/2018).

"Bagi AHM ini adalah momentum khusus karena penandatangan MoU ini salah satu tonggak sejarah, bahwa SMK yang bekerja sama dengan AHM kini telah mencakup 34 provinsi di seluruh indonesia," ujar Markus Budiman, Direktur HR, GA, SI, IT PT Astra Honda Motor (AHM) memberi kata sambutan penandatangan MoU AHM dengan SMK Negeri 3 Tanjung Selor.

Program link and match antara AHM dan SMK Negeri 3 Tanjung Selor ini mencakup implementasi kurikulum teknik dan bisnis sepeda motor di sekolah, bantuan paket fasilitas laboratorium, buku modul, dan alat praktek, dan hibah dua unit sepeda motor untuk kebutuhan riset sekolah.

Markus menjelaskan bahwa program link and match AHM telah digulirkan sejak 2009, dan sejak saat itu terus dikembangkan secara berkelanjutan, seperti yang semula hanya pada pengembangan teknik dan sejak 2 tahun terakhir telah dilengkapi aspek bisnis.

Program link and match AHM saat ini juga telah dikelola secara khusus oleh sebuah tim yang bekerja penuh waktu. Di level nasional, AHM juga aktif bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta Kementerian Perindustian untuk mengembangkan program ini.

"Kami berharap, program ini akan benar-benar berdampak signifikan, menghasilkan kualitas lulusan yang match dengan industri dan bisnis. Tak hanya itu, mereka juga memiliki jiwa wirausaha, sehingga mampu menciptakan lapangan kerja," ujarnya.

Ibnu Wistoro, Kepala SMK Negeri 3 Tanjung Selor, mengatakan bahwa dukungan AHM melalui program link and match ini akan sangat membantuk institusi pendidikan yang dipimpinnya.

"Ini sangat membantu, baik guru dan siswa, dan secara umum dapat meningkatkan pendidikan khususnya di Tanjung Selor. Siswa SMK butuh pendidikan, dan keterampilan. Harapannya nantinya mereka tak bingung cari kerja, tapi bisa menciptakan lapangan kerja," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper