Isuzu Gelar Edukasi Komunitas Pengguna MU-X

PT Astra International Tbk-Isuzu Sales Operation menggelar trainning berkendara bagi para pemilik MU-X, untuk memaksimalkan pengalaman penggunaan beragam fitur yang tersedia dan meningkatkan keselamatan berkendara
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 27 Oktober 2018  |  20:55 WIB
Isuzu Gelar Edukasi Komunitas Pengguna MU-X
Isuzu MU-X. - bisnis.com/MFM

Bisnis.com, JAKARTA - PT Astra International Tbk-Isuzu Sales Operation menggelar trainning berkendara bagi para pemilik MU-X, untuk memaksimalkan pengalaman penggunaan beragam fitur yang tersedia dan meningkatkan keselamatan berkendara.

Trainning digelar di kawasan Bumi Perkemahan Cibubur dan iikuti oleh anggota Isuzu Lovers and Friends (ILF) selaku komunitas pemilik Isuzu MU-X yang datang dari wilayah Jabodetabek, Sumatera, Banten, Jawa Barat, dan Jawa Timur, Sabtu (28/10/2018).

Kegiatan bertajuk Kampanye Keselamatan Berkendara dan Pengenalan Produk itu dikemas dalam bentuk class room training disertai praktik di medan jalan yang telah disiapkan di lokasi acara. Khusus pelatihan keselamatan berkendara, ILF menggandeng tim dari Indonesia Road Safety Agent (IRSA).

“Saya senang dengan kegiatan ini. Banyak yang bisa dipelajari. Soalnya, banyak orang bisa mengendarai MU-X, tetapi tidak mengetahui atau menguasai fitur-fiturnya. Seperti orang pakai handphone, banyak yang tidak tahu ada fitur-fitur yang bagus,” ujar penasihat ILF Sardjono Suroso.

Dia mengakui, meskipun sudah lama mengendarai mobil sport utility vehicle (SUV) andalan Isuzu tersebut, ternyata banyak hal baru yang ia pelajari. Selain itu, banyak hal lainnya yang menyegarkan ingatannya untuk berkendara lebih baik lagi.

Menurut Sardjono, pengenalan produk bagi pemilik sangat penting. Sebab, hal itu bermuara pada keselamatan berkendara. “Bagaimana kita mengenali mobil kita, tiap hari melatih keterampilan kita. Bahaya, kalau fitur bagus, tetapi pengendaranya tidak terampil. Soalnya, umumnya kecelakaan bukan karena mesin atau kendala di mobilnya, tetapi faktor human-nya. Makanya, faktor manusianya yang harus di-improve. Bukan hanya mobil yang canggih, tetapi orangnya juga harus canggih,” ujar Sardjono.

Acara pelatihan itu dikemas dalam bentuk class room training disertai praktik di medan jalan yang telah disiapkan di lokasi acara. Khusus pelatihan keselamatan berkendara, ILF menggandeng tim dari Indonesia Road Safety Agent (IRSA).

Humas ILF Alexander Pratomo menjelaskan, berdasarkan keterbatasan lokasi yang dipakai, maka tidak semua jenis medan perjalanan (terrain) dapat disimulasikan dan dipraktikkan di lokasi.

“Setidaknya basic knowledge of defensive driving beserta pengenalan dan pemahaman mengenai fitur canggih di kendaraan dapat disampaikan dan dapat diterima dengan baik oleh semua peserta,” kata dia. Ia berharap, sepulangnya peserta dari acara itu dapat segera mempraktikkannya di kendaraannya. “Berkendara yang santun, aman, hemat BBM, namun tetap optimal dalam kenyamanan dan keamanannya adalah target utama dari acara ini,” tutur Alex.

Keunggulan

Pada kesempatan yang sama, Kepala Cabang PT Astra International Tbk-Isuzu Jakarta Pramuka Branch Acep Johari mengatakan, kegiatan itu memang digelar sebagai edukasi bagi pengguna MU-X.

“Kami fasilitasi komunitas MU-X di Jakarta dan sekitarnya. Soalnya banyak pengguna MU-X yang belum mengerti fitur-fitur safety yang ada di MU-X. Sebelum masuk ke safety driving, kami berikan product knowledge dulu,” ujar Acep.

Dia menjelaskan, dengan pelatihan keselamatan berkendara, pengendara bisa menguasai dengan baik kendaraannya, tentu dengan fitur-fitur yang ada di MU-X bisa sangat membantu. “Fitur-fitur itu bukan hanya tampilan, tetapi ada fungsi buat keselamatan dan kenyamanan pengendara,” tambahnya.

Diakui, saat mengirim kendaraan ke konsumen, pihaknya selalu menjelaskan fitur-fitur tersebut. Namun, pihaknya perlu memberikan edukasi kembali, sebab di tengah kesibukan, diyakini banyak pemilik MU-X yang lupa dengan fungsi fitur-fitur di MU-X.

“Secara teknologi untuk kendaraan SUV memang sudah nyaris sama. Tetapi ada beberapa fitur di MU-X yang tidak ada di kompetitor,” kata dia.

Ia mencontohkan fitur Electronic Stability Control (ESC) yang membantu pengendara di belokan, sehingga mobil tetap stabil tidak melenceng dari jalur. Begitu juga fitur baru Hill Descent Control (HDC) yang melengkapi fitur lama Hill Start Assist (HSA). Fitur HDC itu memastikan mobil bisa mengatur sendiri laju kendaraan saat melalui turunan ekstrem.

Berapa hal lainnya yang diedukasi seperti fungsi fitur Brake Assist, Electric Brake Force Distribution, dan Traction Control System.

Dia mengakui, fitur-fitur unggulan itu menjadi andalan Isuzu MU-X. Apalagi, sudah tinggi kesadaran konsumen saat memilih kendaraan mereka. “Konsumen bawa mobil itu butuh keselamatan, bukan hanya kenyamanan. Saat ini, konsumen sangat memahami faktor ini. Terkadang belum memutuskan untuk membeli, mereka sudah melakukan riset terlebih dulu ke beberapa merek, ternyata lebih banyak fitur keunggulan MU-X,” tutur dia.

Hal itu juga diakui Sardjono. Menurut dia, banyak anggota ILF membeli MU-X karena mengetahui banyaknya keunggulan di SUV itu. “Bagi orang yang mengerti kendaraan, itu pasti berpengaruh, dapat barang bagus, fitur bagus. Bagi orang yang paham, berkali-kali pindah kendaraan, pasti akan pilih (fitur unggulan) itu. Kenaikan penjualan MU-X saat ini pasti karena keunggulan. Kalau di komunitas, MU-X terutama terkenal dengan torsi bawahnya. Torsinya mumpuni, tidak maksa dalam keadaan sulit. Bagi orang yang mengerti, saya rasa fitur-fitur itu bisa menambah percaya diri,” papar dia.

Hal senada dikatakan Alex. Dia mengaku mengenal MU-X pertama kali di Australia pertengahan 2013. Menurut dia, di negeri Kangguru itu, MU-X laris manis. “Saya juga lama mengenal Isuzu, berawal dari Panther yang terkenal sebagai mobil hemat BBM. Ternyata, MU-X juga irit BBM. Belum lagi, mobil ini bisa mengonsumsi BBM solar jenis apa saja,” kata dia.

Ia mengatakan, kompetitor hanya bisa memakai BBM tertentu yang menyulitkan jika mengisi BBM di SPBU di pelosok-pelosok.

Alex menjelaskan, injektor di mesin MU-X memiliki diamond like carbon. Lapisan keras karbon di ujung injektor itu membuat pucuk injeksi tidak kerap buntu. Sehingga, BBM solar dengan kadar rendah pun bisa digunakan. Teknologi ini belum dimiliki pesaing. Diakui, keunggulan-keunggulan itu yang membuat MU-X makin diminati konsumen.

Sebelumnya, Chief Executive Officer PT Astra International Tbk – Isuzu Head Office Rahmat Samulo mengakui, penerimaan masyarakat Indonesia terhadap MU-X mulai meningkat. Menurut dia, MU-X memenuhi basis kebutuhan konsumen yakni ketangguhan mesin, kenyamanan di kabin, efisiensi BBM. Diakui, saat memasarkan MU-X, pihaknya tidak ingin jor-joran melakukan penjualan tanpa konsumen mengerti keunggulan-keunggulan yang ada di SUV itu.

Ternyata, walaupun tidak terlalu massif dalam pemasaran, beberapa bulan belakangan ini, penjualan MU-X naik cukup signifikan. Sepanjang semester pertama 2018, MU-X terjual 380 unit, atau naik 33,8% dari periode yang sama tahun sebelumnya yang sebanyak 284 unit.

Isuzu MU-X memiliki dua varian yaitu Premiere dan Royale. Isuzu MU-X masih ditopang mesin Turbo Diesel Isuzu 4JK1-TC, 2.5L berteknologi Direct Fuel Common Rail bertekanan tinggi dengan tenaga sebesar 136 ps dan torsi 32,6 kgm. Untuk versi terbaru, didukung system Turbocharge Intercooled VGS (Variable Geometry System). Inilah yang membuat performa Isuzu MU-X dapat lebih diandalkan untuk menunjang aktivitas para pemakainya di segala medan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Mobil Isuzu, PT Isuzu Astra Motor Indonesia

Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top