BMW, Northvolt, Unicore Bentuk Konsorsium Pengembangan Sel Baterai Mobil Listrik

BMW Group, Northvolt dan Umicore telah membentuk konsorsium teknologi bersama untuk bekerja sama secara erat pada pengembangan lanjutan dari rantai nilai yang lengkap dan berkelanjutan untuk sel baterai untuk kendaraan beraliran listrik di Eropa.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 16 Oktober 2018  |  08:44 WIB
BMW, Northvolt, Unicore Bentuk Konsorsium Pengembangan Sel Baterai Mobil Listrik
Produksi prototipe sel baterai masa depan, dengan fokus pada kimia sel, desain sel, dan keahlian membangun-ke-cetak. (11/2017) - BMW

Bisnis.com, MUNICH - BMW Group, Northvolt dan Umicore telah membentuk konsorsium teknologi bersama untuk bekerja sama secara erat pada pengembangan lanjutan dari rantai nilai yang lengkap dan berkelanjutan untuk sel baterai untuk kendaraan beraliran listrik di Eropa.

Proyek ini berusaha untuk mendorong industrialisasi sel baterai yang berkelanjutan di Eropa dan akuisisi keterampilan yang terkait, mulai dari kimia sel dan pengembangan hingga produksi dan akhirnya daur ulang.

Kegiatan pengembangan konsorsium pan-Eropa akan membantu menciptakan pekerjaan teknologi tinggi, dengan demikian sepenuhnya mendukung EU Battery Alliance, yang didirikan oleh Komisaris Eropa Maroš Šefovi, menyatakan: “Baterai berperan dalam transisi kita untuk membersihkan mobilitas dan sistem energi bersih. Berkat keterlibatan asli aktor dari semua segmen rantai nilai baterai, Eropa menjadi pemain utama di bidang strategis ini. Karena itu saya menyambut bahwa para pelaku utama dari sektor otomotif kami berinvestasi di masa depan inovasi dan manufaktur baterai Eropa.”

Tujuan utamanya adalah membuat sel baterai berkelanjutan dengan membentuk siklus siklus hidup tertutup. Ini dimulai dengan desain sel yang dapat didaur ulang dan berlanjut dengan proses manufaktur yang sebagian besar menggunakan energi terbarukan. Langkah selanjutnya adalah periode panjang penggunaan primer sebagai baterai drive, mungkin diikuti oleh fase lain dari penggunaan sekunder sebagai perangkat penyimpanan energi stasioner. Pada akhir siklus hidupnya, sel tersebut didaur ulang dan bahan mentahnya digunakan kembali, sehingga menyelesaikan pengulangan.

Mengingat meningkatnya jumlah kendaraan listrik, membangun dasar yang luas untuk pengadaan sel baterai menjadi masalah signifikansi strategis yang lebih besar bagi produsen. Dengan Northvolt sebagai mitra yang berfokus pada produksi berkelanjutan dan BMW Group dalam kapasitasnya sebagai produsen mobil yang sudah mengembangkan sel baterai sendiri hari ini, ini dapat dicapai dengan sangat efektif.

Karena sel baterai mengandung sumber daya dan material penting, memberi makan kembali ke loop menjadi lebih dan lebih penting sebagai kendaraan listrik bertambah banyak.

Umicore adalah pemimpin global dalam pengembangan dan produksi bahan aktif untuk sel baterai dan daur ulang sumber daya dan BMW Group memiliki keahlian luar biasa dalam desain material dan sel, ada harapan besar untuk beberapa pencapaian besar di bidang ini. Keberlanjutan dan efisiensi merupakan faktor penting bagi Umicore.

Pengembangan.

Dalam rangka mempercepat pengembangan sel baterai dan membuat kemajuan lebih lanjut dalam hal kimia sel dan desain sel, pusat sel baterai baru BMW Group yang istimewa akan diresmikan pada musim panas 2019. Selain pengembangan sel baterai, keterampilan penting lainnya akan dikumpulkan di sana. juga, dari produksi prototipe sel baterai untuk membangun keahlian cetak. Ini penting bagi BMW Group sebagai cara memberi pemasok potensial untuk produksi sel dengan keterampilan yang diperlukan untuk memenuhi persyaratannya sendiri.

BMW Group sudah melakukan investasi besar-besaran di seluruh rantai nilai hari ini dan, dengan demikian, adalah sebuah jejak ketika datang ke keberlanjutan. Akibatnya, memastikan bahwa bahan baku berasal dari sumber yang bertanggung jawab secara lingkungan dan sosial, mewajibkan pemasok sel untuk mengurangi jejak karbon mereka, menggunakan bahan daur ulang, dan menciptakan konsep baterai yang dapat diservis dan mudah didaur ulang sudah menjadi prioritas tinggi untuk BMW Group, yang bermaksud untuk terus memperkuat kemampuannya dan memperluas kegiatannya di bidang ini.

Produksi.

“Pendekatan berkelanjutan Northvolt membuatnya menjadi perusahaan yang sangat menarik bagi kami, yang selanjutnya sangat menerima ide-ide kami,” kata Klaus Fröhlich, Anggota Dewan Manajemen BMW AG, yang bertanggung jawab untuk Pembangunan, dalam keterangan pers, Senin (15/10/2018). Untuk alasan ini, BMW Group dan Northvolt telah berkolaborasi untuk beberapa waktu sekarang sebagai bagian dari proyek teknologi strategis.

Kolaborasi ini akan memanfaatkan kemampuan Northvolt Labs, fasilitas peningkatan skala dan penelitian yang akan digunakan untuk menguji dan mengindustrialkan sel baterai sebelum produksi skala besar, dengan tujuan mengembangkan sel-sel baterai hijau mutakhir. Kolaborasi ini didukung oleh BMW Group melalui investasi untuk memungkinkan fase awal kemitraan.

Keberlanjutan adalah inti dari bisnis Northvolt dan ambisinya adalah menjadi salah satu perusahaan industri pertama yang sepenuhnya melingkar. Inilah sebabnya mengapa semua daya listrik untuk produksi sel baterai masa depan berasal dari sumber daya terbarukan. Pertimbangan penting lainnya untuk Northvolt adalah sumber bahan mentah yang dibutuhkan secara lokal dan bertanggung jawab. Keberlanjutan juga telah menjadi salah satu target strategis BMW Group selama bertahun-tahun, yang berarti bahwa kedua perusahaan beroperasi berdasarkan etika yang sama.

”BMW dan Northvolt memiliki komitmen bersama untuk mengurangi emisi CO2 dari transportasi. Karena baterai menjadi pertanyaan strategis bagi produsen mobil, kemitraan ini tidak hanya menandai tonggak kunci bagi Northvolt, tetapi juga menyoroti pentingnya sel baterai yang berkelanjutan dalam gelombang elektrifikasi yang akan datang, ”kata Peter Carlsson, Co-Founder and CEO. , Northvolt.

Pengembangan bahan dan daur ulang.

Umicore adalah mitra yang bertanggung jawab untuk pengembangan bahan aktif anoda dan katoda dan daur ulang dalam aliansi teknologi. Kolaborasi ini akan memungkinkan teknologi produksi yang inovatif dan sangat efisien untuk diterapkan pada produksi bahan aktif berdasarkan pada logam daur ulang. Selain itu, proyek ini mencakup pembongkaran bungkusan baterai cerdas, penyaringan untuk reutilisasi sel baterai dan memberi makan sumber daya yang didaur ulang kembali ke produksi bahan aktif. Karena mobilitas listrik terus berkembang, kebutuhan yang berkembang tidak akan terbatas pada ekstraksi bahan baku yang berkelanjutan - material yang pulih yang telah digunakan juga akan menjadi semakin penting dalam mengurangi beban pada produksi bahan mentah.

”Sangat bermanfaat untuk melihat bahwa teknologi produk dan layanan daur ulang Umbis merupakan faktor pendukung utama bagi aliansi teknologi ini dengan BMW dan Northvolt. Dengan bersama-sama mendemonstrasikan loop tertutup untuk kinerja tinggi, hijau dan baterai berbasis UE, kami menggarisbawahi potensi masa depan dan pentingnya rantai pasokan Eropa untuk keberhasilan elektrifikasi mobil di kawasan ini, ”kata Marc Grynberg, CEO Umicore.

Kolaborasi.

Ketika datang ke teknologi kunci masa depan, BMW Group sering bekerja sama dengan spesialis dan pemasok yang sudah mapan, perusahaan muda dan perusahaan baru. Ini memungkinkan akses lebih cepat ke solusi spesifik. Dengan proyek teknologi khusus ini, BMW Group, Northvolt dan Umicore meletakkan dasar bagi rantai nilai berkelanjutan untuk sel baterai otomotif di Eropa, mulai dari pengembangan dan produksi hingga daur ulang.

Di Eropa, BMW Group telah memproduksi modul dengan sel baterai yang disediakan sebelum menggunakan modul ini untuk membangun baterai lengkap untuk hibrida plug-in dan kendaraan listrik bertenaga baterai. Dengan produksi sel baterai, Northvolt menyediakan elemen terakhir yang diperlukan untuk produksi baterai lengkap Eropa murni untuk aplikasi mobilitas listrik di masa depan, menghasilkan pengurangan substansial dalam emisi karbon pada saat yang sama.

BMW Group sudah menunjukkan sekarang bagaimana baterai dapat digunakan sebagai perangkat penyimpanan energi baik dalam aplikasi domestik dan industri setelah sel baterai mencapai akhir siklus hidup kendaraan mereka.

Umicore baru-baru ini mengumumkan akan segera mulai membangun fasilitas manufaktur bahan katoda di Eropa dan sudah menjalankan pabrik daur ulang untuk baterai lithium-ion di Eropa. Umicore memajukan teknologi untuk mendaur ulang sel baterai dan mengembalikan sumber daya daur ulang ke siklus produksi material, sehingga memberikan kontribusi penting bagi masa depan mobilitas yang berkelanjutan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Mobil Listrik, BMW Group Indonesia, Northvolt AB

Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top