Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Yamaha Gandeng NVIDIA Kembangkan Kendaraan Swakemudi

Yamaha Motor Co., Ltd. telah membentuk kolaborasi untuk menerapkan teknologi cerdas ke produk pada kelompok penelitian dan pengembangan (R & D) dengan komputasi artificial intelligent NVIDIA yang berbasis di California.
NVIDIA Jetson AGX Xavier. /NVIDIA
NVIDIA Jetson AGX Xavier. /NVIDIA

Bisnis.com, IWATA - Yamaha Motor Co., Ltd. telah membentuk kolaborasi untuk menerapkan teknologi cerdas ke produk pada kelompok penelitian dan pengembangan dengan komputasi artificial intelligent NVIDIA yang berbasis di California.

Melalui kolaborasi ini, Yamaha Motor mengadopsi sistem komputasi GPU NVIDIA, Jetson AGX Xavier.

GPU adalah prosesor yang menghitung sejumlah besar data yang diperlukan untuk membuat grafik. Karena kekuatan komputasinya sangat besar, GPU umumnya digunakan untuk tugas-tugas yang membutuhkan komputasi dalam jumlah besar, seperti pembelajaran mendalam dan simulasi ilmiah. GPU bertindak sebagai otak komputer, robot dan mobil self-driving yang dapat melihat dan memahami dunia.

Sperti dikutip dalam siaran pers Yamaha, Kamis (13/9/2018), Jetson AGX Xavier--yang merupakan komputer pertama di dunia yang dibuat untuk AI, robotik, dan komputasi tepi--akan memungkinkan untuk mengotomatisasi berbagai produk Yamaha dengan membuatnya lebih cerdas.

Produk target termasuk kendaraan darat tanpa awak, yang mendukung otomatisasi proses pertanian seperti pemetikan buah; kendaraan berkecepatan rendah berdasarkan kereta golf, digunakan untuk transportasi "last mile" orang dan logistik; dan robot industri dan drone.

Adapun NVIDIA Jetson AGX Xavier adalah modul hemat energi yang didukung oleh GPU, yang dapat digunakan dalam berbagai perangkat yang memerlukan komputasi AI di bagian tepi.

Produk untuk aplikasi produk dan layanan NVIDIA

1. UGV (Unmanned Ground Vehicles)

UGV adalah kendaraan darat tanpa awak. Dengan mempromosikan otomatisasi melalui penerapan teknologi cerdas untuk kendaraan pertanian, Yamaha Motor berharap bisa membantu mengatasi masalah di bidang pertanian seperti penurunan populasi pedesaan, otomatisasi pekerjaan pertanian, dan promosi pertanian presisi.

2. Kendaraan berkecepatan rendah berdasarkan mobil golf

Melalui kemajuan dalam teknologi penggerak otonom dan meningkatkan afinitas untuk MaaS, Yamaha Motor bertujuan untuk menggulirkan sarana transportasi baru seperti di daerah pegunungan yang dihuni penduduk miskin, tempat-tempat wisata, dan daerah perkotaan.

3. Industri robot, drone industri, produk laut, kelompok produk lainnya

Yamaha Motor akan memajukan konstruksi platform AI pada platform bersama dengan kelompok produk ini, menanggapi kebutuhan masyarakat melalui otomatisasi yang menerapkan teknologi cerdas.

Sekilas tentang NVIDIA

- Didirikan 1993
- Lokasi kantor pusat: Santa Clara, CA, AS
- Perwakilan: Jensen Huang, Pendiri dan CEO
- Jumlah karyawan: 12.000
- Penjualan bersih: Sekitar. US$9,71 miliar (tahun fiskal yang berakhir Januari 2018)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper