Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hyundai & H2E Kolaborasi Pasok 1.000 Truk Listrik Hidrogen ke Pasar Swiss

Hyundai Motor Company dan perusahaan hidrogen Swiss H2 Energy (H2E) bersepakat untuk bekerja sama untuk memasok 1.000 unit kendaraan komersial berbahan hidrogen untuk pasar Swiss dalam 5 tahun mulai 2019.
Wakil Presiden Eksekutif Hyundai Motor dan Kepala Divisi Kendaraan Komersial, In Cheol Lee, serta Ketua H2E, Rolf Huber. /Hyundai
Wakil Presiden Eksekutif Hyundai Motor dan Kepala Divisi Kendaraan Komersial, In Cheol Lee, serta Ketua H2E, Rolf Huber. /Hyundai

Bisnis.com, HANOVER - Hyundai Motor Company dan perusahaan hidrogen Swiss H2 Energy (H2E) bersepakat untuk bekerja sama untuk memasok 1.000 unit kendaraan komersial berbahan hidrogen untuk pasar Swiss dalam 5 tahun mulai 2019.

Naskah kesepahaman kerja sama antarkedua perusahaan tersebut ditandatangani di arena pameran IAA Commercial Vehicles 2018 di Hanover, Rabu (19/9/2018). Penandatanganan ini dihadiri oleh individu kunci seperti Wakil Presiden Eksekutif Hyundai Motor dan Kepala Divisi Kendaraan Komersial, In Cheol Lee, serta Ketua H2E, Rolf Huber.

Setelah diperkenalkannya kendaraan listrik sel bahan bakar diproduksi massal pertama di dunia, Tucson Fuel Cell pada 2013, dan peluncuran FCEV terkemuka di dunia, NEXO pada 2018, pasokan armada truk listrik sel bahan bakar ke H2 Energy menandai Hyundai ekspansi pertama FCEV ke dalam sektor kendaraan komersial ramah lingkungan.

"Kami lagi-lagi terdepan di teknologi sel bahan bakar di industri otomotif dengan pengumuman ambisi kami hari ini untuk mengomersilkan truk listrik sel bahan bakar untuk pertama kalinya di dunia," kata Wakil Presiden Eksekutif In Cheol Lee, dalam keterangan resminya. "Kami akan terus mencari peluang untuk ekspansi ke pasar lain dengan hati-hati memantau beberapa faktor seperti pengisian infrastruktur dan kebijakan pemerintah."

Truk listrik sel bahan bakar sedang dikembangkan sesuai dengan peraturan Eropa. Ini fitur sistem sel bahan bakar hidrogen 190kW baru dengan dua sistem sel bahan bakar terhubung secara paralel, juga fitur NEXO.

Pengembangan ini diharapkan membuat rentang perjalanan dengan bahan bakar tunggal sekitar 400km, dan untuk mengamankan jarak yang cukup, 8 tangki hidrogen besar sedang dipasang secara kompak, memanfaatkan area antara kabin dan badan.

Truk listrik sel bahan bakar menawarkan desain yang khas. Ini disajikan dalam desain yang sederhana dan bersih yang juga efisien secara aerodinamis, dan dilengkapi dengan spoiler dan pelindung samping.

Grille depan melambangkan hidrogen melalui bentuk geometris, memberikan tampilan yang unik dan kuat pada kendaraan. Kendaraan ini memancarkan tampilan ramah lingkungan dengan aplikasi warna biru dan grafis bodi sisi tebal pada wadah, yang juga memvisualisasikan karakter dinamisnya.

H2 Energy adalah perusahaan yang mengkhususkan diri dalam produksi dan pasokan hidrogen terbarukan di Swiss, dengan anak perusahaan di Jerman, Norwegia, dan Austria. Perusahaan ini berpengalaman dalam peluncuran ekosistem hidrogen yang dioptimalkan, yang berfokus pada kelangsungan hidup komersial untuk semua pemangku kepentingan.

H2 Energy berencana untuk membuat truk listrik sel bahan bakar Hyundai bagi para pelanggan Swiss yang dimulai dengan anggota Swiss H2 Association, yang mencakup beberapa operator stasiun pengisian bahan bakar, pengecer, dan pelanggan lainnya yang berfokus pada solusi inovatif ramah lingkungan untuk distribusi logistik dan barang.

“Ekonomi hidrogen yang berkelanjutan membutuhkan ekosistem yang ditetapkan untuk hidrogen. Inilah mengapa kolaborasi kami antara Hyundai Motor, H2 Energy, Swiss H2 Association, dan produsen listrik utama di Swiss sangat strategis dan sangat masuk akal,” kata Rolf Huber, Chairman H2 Energy.

Teknologi powertrain listrik sel bahan bakar memiliki kelebihan dibandingkan teknologi powertrain listrik baterai dalam aplikasinya untuk kendaraan yang lebih besar seperti truk dan bus. Teknologi sel bahan bakar menghemat ruang dan mengurangi berat serta biaya lebih efisien untuk diterapkan saat ukuran kendaraan meningkat. Oleh karena itu, teknologi ini dianggap memiliki beragam peluang untuk dimanfaatkan di bidang kendaraan komersial.

Hyundai & H2E Kolaborasi Pasok 1.000 Truk Listrik Hidrogen ke Pasar Swiss

Permintaan global untuk kendaraan komersial ramah lingkungan diharapkan meningkat seiring kebijakan pemerintah ramah lingkungan diberlakukan di seluruh dunia.

Untuk memenuhi peluang yang berkembang di sektor ini, Hyundai berencana mendiversifikasi jajaran kendaraan komersial listrik sel bahan bakar. Saat ini sedang dalam pengembangan adalah truk listrik sel bahan bakar menengah (Payload: 4 ~ 5 ton) yang dapat digunakan dalam domain layanan publik seperti kendaraan yang digunakan untuk pembersihan.

Hyundai Motor juga memperkenalkan bus ekspres listrik sel bahan bakar selama Olimpiade PyeongChang di Korea Selatan Februari lalu dan saat ini melakukan operasi percontohan dengan bus listrik sel bahan bakar di kota-kota besar Korea Selatan, sambil meninjau rencana untuk produksi massal pada tahun 2020. Di dalam negeri, taksi FCEV dan layanan car-sharing beroperasi di jalan umum di Ulsan dan Gwangju.

Hyundai Motor memulai penyewaan kendaraan listrik sel bahan bakar pertama di dunia di Amerika Serikat, juga mendukung industri transportasi yang lebih luas, termasuk taksi FCEV, dan layanan berbagi mobil untuk lebih mendukung penyebaran penggunaan teknologi ramah lingkungan.

Spesifikasi Truk Listrik Sel Bahan Bakar (Truk Kargo 4x2) *

Spesifikasi

Truk

Bobot Kotor Kendaraan

18 ton (GCW 34 ton dengan trailer)

Panjang

9,745 mm

Lebar

2,550 mm

Tinggi

3,730 mm

Jarak roda

5,130 mm

Driving Range

Sekitar 400 km

Waktu Pengisian Ulang Hidrogen

7 mnt

Kapasitas Tangki / Tekanan

32,86 kgH2 / 350 bar

Daya Stack Sel Bahan Bakar

190 kW (2 x 95 kW)

Motor Traksi

350 kW / 3,400 Nm (471PS / 346 kgf m)

Fitur keamanan

FCA, LDW **

* Kendaraan dalam pengembangan dan spesifikasi model produksi dapat bervariasi.

** FCA: Bantuan Menghindari Tabrakan Depan, LDW: Peringatan Keberangkatan Jalur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper