4 Tips Merawat Motor Agar Terlihat Seperti Baru Kembali

Sepeda motor merupakan alat transportasi yang paling banyak digunakan oleh warga Indonesia, baik di kota besar seperti Ibukota, maupun di kota kecil.
Mia Chitra Dinisari | 10 Agustus 2018 11:49 WIB
Pengendara sepeda motor melintas di jembatan gantung Desa Sangkurio, Mamuju, Sulawesi Barat, Rabu (4/10). - ANTARA/Akbar Tado

Bisnis.com, JAKARTA -  Sepeda motor merupakan alat transportasi yang paling banyak digunakan oleh warga Indonesia, baik di kota besar seperti Ibukota, maupun di kota kecil.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik, kendaraan motor di Indonesia telah mencapai lebih dari 100 juta pada tahun 2016.

Hal ini menunjukkan bahwa sepeda motor memang menjadi salah satu kebutuhan primer untuk beraktivitas sehari-hari. Namun seringkali Sobat Shopee lupa untuk merawat sepeda motornya agar tetap berfungsi secara optimal dalam berkendara, baik secara performa mesin maupun tampilan.

Dalam siaran persnya, Shopee, platform e-commerce  berbagi 4 tips yang dapat diterapkan untuk merawat sepeda motor kesayanganmu, antara lain:

Pastikan mesin motor tetap prima
Motor yang digunakan setiap hari justru lebih punya kecenderungan memiliki mesin yang lebih prima  dibandingkan dengan yang hanya dipakai mingguan atau bahkan bulanan.

Bagi Anda yang memiliki mesin motor kurang prima, mungkin masalahnya ada pada mesin yang kotor sehingga menyebabkan injektor tersumbat. 

Dedikasikan waktu Anda untuk memastikan mesin motor secara berkala, dan bersihkan dengan produk ‘Fuel Additive dari STP’. Produk ini dapat membantu  untuk membersihkan injektor, mengembalikan tenaga & akselerasi, meningkatkan kinerja mesin, hingga mengatasi motor yang sulit di starter.

Sedia alat bengkel motor di rumah
Selalu siap! Inilah istilah yang sesuai bagi Anda sebagai bikers sejati yang apik dalam merawat sepeda motornya.

Walaupun bengkel motor sudah menjamur, akan lebih baik dan praktis jika  memiliki alat bengkel motor di rumah, seperti ‘Kunci Sok Set’. Terlebih, kita para pria suka membuat segala sesuatunya dengan tangan kita sendiri.

Dengan memiliki kunci sok set yang lengkap, tentu saja Sobat Shopee akan lebih menghemat ongkos perawatan motor, karena tidak perlu terlalu sering ke bengkel jika ada kendala minor. Cara penggunaannya? Mudah! Buka saja berbagai referensi tutorial penggunaan alat bengkel di internet dan situs kesayanganmu.

Poles body motor secara berkala
Selain kondisi mesin motor yang prima, Sobat Shopee juga harus perhatikan kondisi  tampilan motor secara berkala.

Tentu, perawatan paling gampang dilakukan untuk bodi motor adalah dengan mencucinya paling tidak 3 kali seminggu. Namun jika ingin menunjukkan kesan mewah dan baru pada motor, bisa menambahkan polesan ‘Mr. Black Magic’ pada motor Anda. Produk ini sangat pas digunakan untuk motor yang berwarna dasar hitam, yang secara umum dapat digunakan pada bagian dek atau alas kaki, dashboard, spion, pelindung knalpot dan list pada bagian samping body.

Lindungi motor-mu dari sinar matahari dan deraian air hujan secara langsung
Setelah digunakan bepergian, ada baiknya jika selalu membawa penutup  motor dan menggunakannya ketika diparkir. Hal ini berfungsi untuk menghindari motor anda dari paparan sinar matahari langsung dengan waktu yang  lama, deraian air hujan secara langsung, dan debu sekitar yang mengakibatkan motor lebih cepat kotor.

Carilah produk cover motor yang berbahan tebal serta tahan air dan pastikan ukurannya sesuai dengan motor. 

Tag : sepeda motor
Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top