Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Strategi Warna Motor Dongkrak Penjualan Yamaha

Strategi pabrikan sepeda motor dalam menyiapkan warna kendaraan yang selaras dengan selera konsumen ternyata mampu mempengaruhi angka penjualan.
Yamaha pun menyematkan warna dan grafis baru pada X-Ride 125. /Antara
Yamaha pun menyematkan warna dan grafis baru pada X-Ride 125. /Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Strategi pabrikan sepeda motor dalam menyiapkan warna kendaraan yang selaras dengan selera konsumen ternyata mampu mempengaruhi angka penjualan.

Vice Executive President & COO PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Dyonisius Beti, menyatakan betapa pentingnya menyediakan warna-warna yang cocok dengan selera konsumen karena berpeluang menaikkan penjualan hingga 20%.

"Sangat penting, warnanya yang cocok bisa menaikkan 20% untuk kami, terhadap penjualan," kata Dyonisius Beti seusai peluncuran Yamaha All New X-Ride 125 di Kemayoran, Jakarta, Sabtu (30/6).

X-Ride 125 terbaru menyasar konsumen muda di perkotaan yang membutuhan sepeda motor fungsional guna keperluan sehari-hari, namun mampu memenuhi kegiatan lain yang berkaitan dengan lifestyle kaum muda.

Yamaha pun menyematkan warna dan grafis baru pada X-Ride 125 dengan perpaduan warna kontras antara lain Dynamic Blue (biru putih) dan Freedom White (putih oranye) yang berkarakter petualang, serta Attractive Red (merah hitam) dan Exclusive Black (hitam abu-abu) yang bernuansa urban style.

Dyonisius Beti mengatakan, pemilihan warna tersebut menyesuaikan kebutuhan konsumen berdasarkan survei yang digelar Yamaha.

"Soal warna, kami melakukan berdasarkan survei dan FGD (focus group discussion). Kami menginterview konsumen yang sudah memakai X-ride atau yang belum memakai. Apa yang mereka mau," kata dia.

Strategi penggunaan warna juga dilakukan Yamaha pada model-model lainnya. Skutik premium Xmax 250 diberikan empat warna terbaru yakni Matte Red, Matte Black, Matte Silver dan Matte Blue.

Yamaha menggunakan matte atau doff sebagai warna baru pada Xmax karena jenis kelir itu menjadi tren dalam industri otomotif kendaraan premium saat ini, yang mencerminkan kesan elegan dari sebuah kendaraan.

Dengan penyegaran warna itu, Yamaha berharap respon masyarakat terhadap produk mereka semakin mengalir karena empat warna itu tidak ada pada model Xmax yang sudah dijual di Indonesia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper