Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Suzuki Indomobil: Pelemahan Rupiah Momentum Dorong Lokalisasi

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menilai pelemahan rupiah dalam jangka panjang justru dapat menjadi momentum untuk mendorong lokalisasi. Namun perlu diperhitungkan strategi pabrikan untuk perluasan pasar.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 30 Mei 2018  |  22:30 WIB
Seorang pekerja mengawasi proses pengelasan atau welding yang dilakukan oleh robot di pabrik perakitan Suzuki Cikarang, Jawa Barat, Selasa (19/2/2018)  - Bisnis.com, Muhammad Khadafi
Seorang pekerja mengawasi proses pengelasan atau welding yang dilakukan oleh robot di pabrik perakitan Suzuki Cikarang, Jawa Barat, Selasa (19/2/2018) - Bisnis.com, Muhammad Khadafi

Bisnis.com, JAKARTA - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menilai pelemahan rupiah dalam jangka panjang justru dapat menjadi momentum untuk mendorong lokalisasi. Namun perlu diperhitungkan strategi pabrikan untuk perluasan pasar.

"Penguatan pasar domestik merupakan kunci untuk mengatasi masalah kurs," kata General Manager Strategic Planning Department SIS Ryohei Uchiki kepada Bisnis, Rabu (30/5).

Serupa dengan pabrikan lain, SIS tidak memiliki rencana menaikkan harga kendaraan karena pelemahan nilai tukar Rupiah. Uchiki mengatakan bahwa rasio lokalisasi Suzuki telah mencapai 80%, sehingga hal tersebut tidak memengaruhi kinerja perusahaan.

Ke depan, SIS akan terus meningkatkan tingkat komponen dalam negeri (TKDN). Kerja sama dengan banyak vendor akan terus didorong. "Di luar itu, kondisi pasar Indonesia saat ini sudah jauh lebih kuat sehingga kami yakin fluktuasi kurs pasti bisa teratasi," katanya.

Keyakinan itu muncul dari berkaca dengan kondisi 20 tahun lalu. Saat itu nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat naik hingga lebih dari 8 kali lipat.

Rupiah bergerak melemah ke level di bawah Rp14.000 per dolar AS sejak pekan kedua bulan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PT Suzuki Indomobil Sales Kandungan Lokal
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top