All New Ertiga Capai Konten Lokal 84%, Bikin Miring Harga?

PT Suzuki Indomobil Sales menyatakan konten lokal pada produk teranyar mereka, yakni All New Ertiga mencapai 84%. Dengan spesifikasi tingkat kandungan dalam negeri yang lebih besar dipastikan akan membuat harga produk menjadi lebih miring.
Yudi Supriyanto | 27 April 2018 16:10 WIB
All New Suzuki Ertiga. - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA—PT Suzuki Indomobil Sales menyatakan konten lokal pada produk teranyar mereka, yakni All New Ertiga mencapai 84%. Dengan spesifikasi tingkat kandungan dalam negeri yang lebih besar dipastikan akan membuat harga produk menjadi lebih miring.

Harold Donnel, Head of Brand Developmenet & Marketing Research 4W SIS, mengatakan, contoh konten lokal yang ada pada All New Ertiga adalah mesin. Menurutnya, mesin seri K yang terpasang pada kendaraan kecil serbaguna (low multi purpose vehicle/LMPV) tersebut diproduksi di dalam negeri.

"Kami tidak bisa merinci komponen lokalnya apa saja, dan bagaimananya. So far, kami hanya bisa memberikan itu saja, 84%. Cuma kalau ditanya mesin bagaimana, mesin sudah produksi Cikarang semua. Seri K sudah produksi Cikarang,” kata Harold di Jakarta, Kamis (26/4/2018).

Dia menjelaskan, penggunaan konten lokal pada LMPV All New Ertiga yang cukup tinggi pada All New Ertiga sangat berpengaruh terhadap harga jual yang akan dilepas kepada masyarakat.

Menurutnya, harga All New Ertiga yang akan ditawarkan ke konsumen value for money lantaran pihaknya tidak perlu terkena – salah satunya – pajak impor ketika mendatangkan komponen untuk kendaraan tersebut. Saat ini, pihaknya belum bisa memberitahukan harga All New Ertiga yang akan dilepas ke masyarakat.

Sementara itu, Yulius Purwanto, Marketing 4W Product Development & Accessories Manager SIS, mengatakan, kapasitas produksi All New Ertiga yang tengah berjalan berada pada kisaran 5.000 unit per bulan.

Oleh karena itu, lanjutnya, masyarakat yang ingin mendapatkan produk baru perusahaan tersebut bisa melakukan pemesanan inden, dan diperkirakan dapat menerima kendaraan kecil serbaguna tersebut mulai pada pertengahan Mei 2018.

Saat ini, sudah terdapat masyarakat yang melakukan pemesanan dengan membayar booking fee Rp5 juta meskipun perusahaan belum menetapkan harga terhadap All New Ertiga.

All New Ertiga hadir dengan perubahan signifikan dari pendahulunya. Pada bagian eskterior, kendaraan tersebut memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan produk Ertiga sebelumnya. Kemudian, kendaraan kecil serbaguna tersebut juga memiliki mesin dengan 104,7 PS di 6.000 rpm dan torsi 138NM di 4.400 rpm.

Mesin baru tersebut diklaim memiliki performa yang lebih responsive saat berjalan di berbagai medan dan irit bahan bakar minyak. Berdasarkan uji coba tes BT2MP, hasil konsumsi bahan bakar All New Ertiga mencapai 16,73 kilometer/ liter untuk transmisi otomatis dan 18,09 kilometer per liter untuk transmisi manual.

Kemudian, All New Ertiga juga dilengkapi oleh electronic stability program, yakni teknologi yang memadukan antara pegereman secara optimal dan kestabilan saat melaju di jalan licin & berbelok. Teknologi tersebut mencegah oversteer dan understeer.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Kandungan Lokal, All New Suzuki Ertiga

Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top