Teknologi Anyar VW Touareg: Roda Gila Canggih dengan Roll Stabilisasi Inovatif

Touareg baru hadir dengan sejumlah teknologi mutakhir. Salah satunya adalah roda gila (running gear) inovatif berbahan aluminium ringan yang menjadi standar baru untuk kenyamanan dan kelincahan dalam segmen sport utility vehicle (SUV).
Fatkhul Maskur | 29 Mei 2018 02:25 WIB
EAWS memiliki fitur anti-roll bar elektromekanik pada gandar depan dan belakang. - VW

Bisnis.com, WOLFBURG - Touareg baru hadir dengan sejumlah teknologi mutakhir. Salah satunya adalah roda gila (running gear) inovatif berbahan aluminium ringan yang menjadi standar baru untuk kenyamanan dan kelincahan dalam segmen sport utility vehicle (SUV).

Running gear versi terbaru yang sebagian besar dari aluminium ringan, dilengkapi kombinasi suspensi pneumatik empat sudut yang inovatif dengan kontrol redaman elektronik adaptif, dan electromechanical active roll compensation system (EAWS) yang baru dikembangkan.

Seperti dikutip dalam siaran pers Volkswagen, Senin (28/5/2018), Touareg merupakan model pertama yang menggunakan roda gila dengan sistem kompensasi gulung aktif elektromekanik (EAWS).

EAWS memiliki anti-roll bar aktif yang menggunakan motor listrik dan sistem 48 volt untuk beradaptasi langsung dengan situasi berkendara, membawa tingkat kelincahan dan kenyamanan berkendara yang praktis tak tertandingi oleh SUV lainnya.

Berikut ini cara kerja EAWS baru.

Komponen utama kompensasi gulungan aktif elektromekanik adalah bilah anti-guling di gandar depan dan belakang. Suspensi konvensional dilengkapi dengan baja anti-roll bar di depan dan belakang yang menjangkau dari satu ujung poros ke yang lain.

Kedua ujung bilah anti gulung relatif terhadap satu sama lain ketika menikung (atau ketika hanya satu sisi kendaraan yang mengemudi di atas permukaan jalan yang sangat tidak rata).

Kinetika memastikan bahwa kecenderungan kendaraan untuk berguling tikungan berkurang. Kompensasi guling aktif berjalan satu langkah lebih jauh karena memegang badan kendaraan dalam posisi horizontal hampir sejajar dengan jalan.

EAWS memiliki fitur anti-roll bar elektromekanik pada gandar depan dan belakang. Unit kontrol pusat mengkoordinasikan penggunaannya. Kedua ujung setiap bar anti-roll terhubung satu sama lain dengan motor langkah.

Bergantung pada situasi mengemudi, motor listrik memutar dua ujung batang anti-guling relatif satu sama lain untuk menguatkan atau bahkan memisahkannya.

Tegangan tinggi 48 volt diperlukan untuk mengaktifkan motor listrik yang kuat dibangun dengan cepat menggunakan "Supercaps" (pengisian sangat cepat dan pemakaian kapasitor / akumulator energi).

Kemiringan lateral Touareg menurun secara signifikan ketika menikung berkat anti-roll bar aktif. Hal ini membuat kendaraan lebih lincah, sementara masih menyediakan driver dengan umpan balik alami tentang dinamika berkendara.

EAWS juga secara signifikan meningkatkan kenyamanan bergulir. Inilah alasannya: Karena bilah anti-gulung elektromekanik dapat dipisahkan saat mengemudi lurus ke depan - berbeda dengan bilah anti-guling baja - suspensi pneumatik dengan peredam adaptasinya tidak lagi harus mengatasi gaya bilah anti-roll.

Ini juga memiliki efek yang nyata pada karakteristik suspensi dan kenyamanan berkendara. Ketika mengemudi off-road, artikulasi as roda dan traksi dapat ditingkatkan dengan pelepasan elektromekanik dari bar anti-roll.

 

Tag : Volkswagen Touareg
Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top