Produsen Transmisi Toyota Autoparts Philippines Jadi Anak Perusahaan Aisin

Toyota Autoparts Philippines, Inc. (TAP), anak perusahaan Toyota yang memproduksi sistem penggerak transmisi manual, akan menjadi anak perusahaan Aisin Seiki Co., Ltd. (Aisin) menyusul peningkatan partisipasi ekuitas perusahaan suku cadang itu dari 34% menjadi 61%.
Muhammad Khadafi | 27 Mei 2018 11:30 WIB
Sebanyak 14 perusahaan dalam kelompok Aisin Group. - Aisin

Bisnis.com, JAKARTA - Toyota Autoparts Philippines, Inc. (TAP), anak perusahaan Toyota yang memproduksi sistem penggerak transmisi manual, akan menjadi anak perusahaan Aisin Seiki Co., Ltd. (Aisin) menyusul peningkatan partisipasi ekuitas perusahaan suku cadang itu dari 34% menjadi 61%.

Selanjutnya Toyota Autoparts Philippines, Inc. (TAP) akan berganti nama menjadi Toyota Aisin Philippines, Inc.. Hal itu merupakan hasil kesepakatan Toyota Motor Corporation (Toyota) dan Aisin Seiki Co., Ltd. (Aisin) yang dibuat pada Kamis (24/5/2018).

"Tujuan pengaturan ini adalah untuk memperkuat daya saingnya dalam bisnis transmisi manual (MT). TAP akan berganti nama menjadi Toyota Aisin Philippines, Inc., dan Aisin akan memimpin dalam mengelola operasi bisnis perusahaan baru," demikian siaran pers Toyota dan Aisin.

Pada November 2014, Toyota dan Aisin setuju untuk memperkuat daya saing mereka dengan mengkonsolidasikan fungsi-fungsi MT Aisin AI Co., Ltd. (Aisin AI), anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Aisin, dan Toyota, yang memungkinkan alokasi sumber daya yang lebih efisien.

Penelitian dan pengembangan, serta produksi transmisi manual untuk kendaraan yang diproduksi secara massal di Jepang dikonsolidasikan dan ditransfer ke Aisin AI sebelum Januari 2017.

Pada Januari 2016, Aisin membuat investasi ekuitas parsial di TAP sebagai bagian dari bisnis transmisi-manualnya di luar negeri dan sejak itu berpartisipasi dalam manajemen operasi bisnisnya.

Setelah perubahan organisasi, TAP berusaha untuk mencapai produksi yang lebih efisien, sebagai anak perusahaan dari Aisin, memanfaatkan keahlian dan pengetahuannya, yang memiliki kemampuan teknologi terdepan di dunia dan jajaran transmisi yang beragam.

Di masa depan, Aisin akan mengkonsolidasikan bagian dari produksi transmisi manual mereka yang saat ini ditangani oleh AI Aisin, ke TAP, dan menginvestasikan sekitar 1,2 miliar peso untuk menyiapkan jalur produksi komponen transmisi otomatis (AT) dengan memanfaatkan 26 tahun pengalaman operasi TAP dan teknologi.

Aisin berusaha meningkatkan upaya untuk lebih meningkatkan daya saing TAP dalam transmisi untuk ekspansi bisnis lebih lanjut. TAP telah menghasilkan transmisi manual berkualitas tinggi sebagai salah satu basis pasokan transmisi manual  global Toyota.

Pada 2008, TAP menginvestasikan sekitar 5,6 miliar PHP untuk meningkatkan kapasitas produksinya dan tambahan 2,5 miliar PHP pada 2015 untuk mulai memproduksi transmisi manual 6-kecepatan baru, memberikan kontribusi tetap untuk menciptakan peluang investasi dan ketenagakerjaan di Filipina, serta memperluas bisnis di negara ini.

Melalui perubahan organisasi, TAP yakin bahwa TAP akan menawarkan transmisi yang lebih baik kepada pelanggan dan secara terus menerus memberikan kontribusi positif kepada masyarakat dan ekonomi Filipina sebagai "perusahaan terbaik di kota".

Toyota dan Aisin akan semakin memperkuat kolaborasi mereka melalui optimalisasi sistem produksi powertrain dan pengembangan produk baru. Grup Aisin secara keseluruhan bertujuan untuk meningkatkan daya saingnya dalam bisnis powertrain.

Gambaran perusahaan sebelum dan sesudah perubahan.

KETERANGAN

SETELAH PERUBAHAN

SEBELUM PERUBAHAN

Nama Perusahaan

Toyota Aisin Philippines, Inc.

Toyota Autoparts Philippines, Inc.

Lokasi

Santa Rosa City, Laguna, Philippines

Representasi Perusahaan

Hiroshi Fukutani, President

Modal

1 miliar PHP

Partisipasi Saham

Aisin Seiki Co., Ltd.: 61%

Toyota Motor Corporation: 34%

Toyota Motor Philippines Corp.: 5%

Toyota Motor Corporation: 61%

Aisin Seiki Co., Ltd. 34%

Toyota Motor Philippines Corp.: 5%

Penjualan

9.167 miliar peso (diproyeksikan 20.0 miliar yen) (FYE 2018)

Mulai beroperasi/produksi

Agustus 1990 / September 1992

Bisnis utama

Produksi transmisi manual dan constant - velocity joints MT

Volume produksi

230.000 units (2018)

Jumlah tenaga kerja

1.350 (Mareh 2018)

Tentang Aisin

Aisin Group adalah pemasok komponen otomotif global dengan lebih dari 200 perusahaan yang beroperasi di dalam grup. Grup perusahaan yang sangat khusus berkolaborasi satu sama lain untuk mengembangkan dan memproduksi komponen dan sistem otomotif di empat bidang produk powertrain, chassis dan keselamatan kendaraan, komponen produk bodi, dan informasi / elektronik.

Dengan "kualitas pertama" sebagai filosofi perusahaan, Grup Aisin melakukan penelitian dan pengembangan di berbagai bidang mulai dari produk yang diproduksi massal hingga teknologi canggih.

Aisin Group baru-baru ini mengidentifikasi tiga bidang Zero Emissions, Automated Driving, dan Connected Cars sebagai area pengembangan strategisnya. Untuk mengejar pengembangan teknis lebih lanjut, Grup juga telah memperkenalkan Sistem Perusahaan Virtual yang memungkinkan perusahaan-perusahaan kelompoknya untuk bekerja sama di luar batas-batas perusahaan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Mobil Transmisi Otomatis, Aisin Seiki Co., Ltd.

Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top