Pengumuman THR Jadi Angin Segar Bagi Diler Sepeda Motor

Besaran tunjangan hari raya untuk para aparatur sipil negara, Polri dan TNI yang baru saja diumumkan oleh pemerintah memberikan angin segar kepada pelaku usaha kendaraan roda dua di dalam negeri menjelang Lebaran.
Yudi Supriyanto | 27 Mei 2018 21:30 WIB
All New Honda BeAT eSP - AHM

Bisnis.com, JAKARTA—Besaran tunjangan hari raya untuk para aparatur sipil negara, Polri dan TNI yang baru saja diumumkan oleh pemerintah memberikan angin segar kepada pelaku usaha kendaraan roda dua di dalam negeri menjelang Lebaran.

Marketing Director PT Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya mengungkapkan, tunjangan hari raya yang baru saja diumumkan oleh pemerintah akan menjadi faktor pendorong tambahan bagi masyarakat untuk melakukan pembelian sepeda motor.

Selain tunjangan hari raya (THR), faktor pendorong lainnya adalah stabilitas kondisi ekonomi, masa penen, dan harga komoditas yang stabil. “Terakhir ini, pemerintah mengejutkan kan, THR itukan signifikan naik. Info-infonya minimal bisa lima kali naik,” kata Thomas di Jakarta, Jumat (25/5/2018).

Dia menjelaskan, kondisi-kondisi tersebut dapat membuat penjualan kendaraan roda duanya mengalami peningkatan 15%—20% pada Mei—Juni 2018 dibandingkan dengan penjualan pada tahun lalu.

Prediksi peningkatan penjualan pada Mei—Juni 2018, lanjutnya untuk penjualan ritel dan penjualan ke diler atau wholesales. “Bisa tumbuh 15%-20%. Kalau Ramadhan bisa 20% dibanding tahun lalu,” katanya.

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) yang dilihat Bisnis, penjualan ke diler sepeda motor Honda pada Mei dan Juni 2017 masing-masing sebesar 394.751 unit dan 263.854 unit.

Oleh karena itu, dalam perhitungan Bisnis, penjualan Honda diprediksi bisa mencapai 473.701 unit pada Mei 2018 dan 316.625 unit pada Juni 2018 dengan asumsi peningkatan hingga 20% pada msing-masing bulan.

MATIK

Dia memperkirakan, seluruh segmen kendaraan roda dua akan mengalami peningkatan pada periode Mei—Juni 2018. Akan tetapi, segmen sepeda motor matik seperti BeAT dan Vario akan mengalami peningkatan signifikan.

"Hampir semua, tapi segmen-segmen di BeAT dan Vario Techno, dan beberapa motor bebek juga mengalami kenaikan, sport relatif naik tapi tidak signifikan," katanya.

Dalam data AISI, distribusi Honda selama empat bulan pertama tahun ini di pasar domestik mencapai 1,53 juta unit atau sekitar 74,95% dibandingkan dengan total distribusi dalam daftar AISI, yakni 2,04 juta unit sepeda motor.

Pada Januari—April 2018, produk sepeda motor matik BeAT menjadi yang terbanyak didistribusikan, yakni mencapai 627.230 unit atau sebesar 41,05% dari total penjualan ke diler kendaraan roda dua Honda.

Tag : Sepeda Motor, Tunjangan Hari Raya
Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top