Lexus RX350L Tak Lagi Incar Pertumbuhan Volume

Lexus Indonesia mengaku tidak mengincar pertumbuhan volume penjualan kendaraan tipe sport utility vehicle (SUV) di Indonesia dengan menjual Lexus RX 350L. Kendaraan tersebut akan menambah line up produknya di Indonesia.
Yudi Supriyanto | 13 Maret 2018 15:30 WIB
Lexus RX. /Lexus

Bisnis.com, JAKARTA—Lexus Indonesia mengaku tidak mengincar pertumbuhan volume penjualan kendaraan tipe sport utility vehicle (SUV) di Indonesia dengan menjual Lexus RX 350L. Kendaraan tersebut akan menambah line up produknya di Indonesia.

General Manager Lexus Indonesia Adrian Tirtadjaja mengatakan, pihaknya menjual Lexus RX350L baik di Indonesia maupun global guna mengakomodasi kebutuhan konsumen Lexus akan kendaraan SUV dengan tujuh penumpang.

Perusahaan, lanjutnya, selalu mendengar komentar atau kebutuhan-kebutuhan konsumen akan produk-produknya. Saat ini pangsa pasar RX di pasar SUV premium Indonesia telah mencapai 57% atau menjadi pemimpin pasar.

“RX kan sudah gede volumenya makanya kami enggak mengincar volume lagi, ini cuma sebagai apresiasi,” kata Adrian di Jakarta, Senin (13/3/2018).

Lexus tipe RX merupakan kendaraan untuk bepergian bersama keluarganya pada akhir pekan. Pengguna tipe RX berkapasitas 5 orang penumpang kerap menanyakan kemungkinan ditambahnya kapasitas menjadi 7 penumpang.

Dia menuturkan RX350L berkapasitas 7 penumpang tersebut didatangkan dari Jepang secara utuh atau completely built up (CBU). Menurutnya, penjualan kendaraan yang hanya beberapa ratus unit di dalam negeri tidak memungkinkan untuk dirakit di Indonesia.

“Kalau cuma berapa ratus unit setahun mah enggak bisa. Lagian kami kalau production maunya yang massive, bukan cuma merakit. Tapi, membuat. Local content itu yang kita harapkan,” katanya.

Jumlah RX350L yang akan diimpor dari Jepang sepanjang tahun ini itu tergantung pada permintaan. Lexus RX350L dipasarkan dengan harga on the road DKI Jakarta Rp2,13 miliar. Saat ini, Lexus Indonesia telah mengantongi lima nama pemesan.

Dia menuturkan, tipe SUV merupakan tulang punggung penjualan Lexus Indonesia.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, penjualan ke diler SUV secara keseluruhan sepanjang tahun lalu mencapai 73.374 unit, meningkat dibandingkan dengan penjualan sepanjang tahun sebelumnya 72.537 unit.

Sepanjang tahun lalu, SUV RX200 terjual 975 unit atau bertambah 52,8% dibandingkan dengan tahun sebelumnya 638 unit.

Total wholesales Lexus nonsedan sepanjang tahun lalu mencapai 1.236 unit dengan perincian, RX270 2,7 AT nihil, RX350 3,5 AT (4x4) sebanyak 2 unit, RX 450 Hybrid 4,5 AT (4x4) nihil, NX 200 sebanyak 169 unit, RX200 mencapai 975 unit, dan LX570 5,6 AT sebanyak 90 unit.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Lexus Indonesia, Lexus RX 350L

Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top