Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

IATO: Kendaraan Listrik Baterai Lebih Tepat

Ikatan Ahli Teknik Otomotif Indonesia (IATO) menilai pengembangan mobil listri murni (baterai) lebih tepat ketimbang tipe hibrida.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 03 Maret 2018  |  18:30 WIB
Beberapa pengunjung melihat-lihat bus bertenaga listrik MAB. Bus ini dirancang sebagai sarana transportasi dalam kota dan antarkota.  - Bisnis.com/Fatkhurl Maskur
Beberapa pengunjung melihat-lihat bus bertenaga listrik MAB. Bus ini dirancang sebagai sarana transportasi dalam kota dan antarkota. - Bisnis.com/Fatkhurl Maskur

Bisnis.com, JAKARTA - Ikatan Ahli Teknik Otomotif Indonesia (IATO) menilai pengembangan mobil listri murni (baterai) lebih tepat ketimbang tipe hibrida.

President Ikatan Ahli Teknik Otomotif Indonesia (IATO) mengatakan mobil listrik murni menggunakan baterai sebagai sumber tenaga, sedangkan hibrida masih menggendong mesin konvensional.

"Coba apa yang di bawa mobil hibrida? Mesin konvensional, motor listrik, dan baterai, jadi ada tambahan komponen. Bebannya lebih besar," ujarnya kepada Bisnis di arena Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (Giicomvec) 2018.

Menurut Gunadi, komponen yang lebih banyak cenderung membuat beban bertambah. Selain menjadi biaya bertambah, kendaraan menjadi tidak kurang efisien. Oleh karena itu, pengembangan mobil listrik baterai cenderung lebih tepat. "Tinggal mengembangkan teknologi baterainya yang berkualitas bagus," ujarnya.

Terkait dengan makin sedikitnya komponen dalam kendaraan listrik yang berdampak mengurangi pasar industri suku cadang otomotif, dia berpendapat, "Industri memiliki kemampuan untuk melakukan penyesuaian."

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mobil Listrik Mobil Hibrida Ikatan Ahli Teknik Otomotif Indonesia IATO
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top