Mengintip Pabrik Mobil Suzuki Cikarang, Robot Dominasi Produksi?

Suzuki Motor Co menanamkan investasi US$1 miliar untuk pembangunan pabrik di Cikarang, Jawa Barat. Pabrik ini secara resmi beroperasi mulai 2015. Saat ini kawasan seluas 130 hektare itu memproduksi 48.000 unit mobil utuh Ertiga dan Karimun Wagon R.
Muhammad Khadafi | 19 Februari 2018 19:00 WIB
Lengan robot sedang melakukan proses produksi New Ertiga di pabrik Suzuki Cikarang, Jawa Barat, Selasa (19/2/2018) - Bisnis.com/Muhammad Khadafi

Bisnis.com, JAKARTA – Suzuki Motor Co menanamkan investasi sebanyak US$1 miliar untuk pembangunan pabrik di Cikarang, Jawa Barat. Pabrik ini secara resmi beroperasi mulai 2015. Saat ini kawasan seluas 130 hektare itu memproduksi 48.000 unit mobil utuh Ertiga dan Karimun Wagon R.

Bisnis berkesempatan melihat lebih dekat proses produksi yang diklaim sebagai yang tercanggih dimiliki Suzuki secara global saat ini. General Manager Strategic Planning Departemen PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) Ryohei Uchiki mengatakan sebagai pabrik paling muda, secara otomatis memiliki teknologi paling muktahir.

Pabrik ini sendiri terbagi ke dalam dua bagian besar, yakni perakitan motor penggerak (mesin dan transmisi) serta pembuatan bodi kendaraan. Motor penggerak berdiri di atas area seluas 3,5 hektare dengan kapasitas produksi 71.000 pieces mesin dan 176.000 pieces transmisi per tahun. Produksi bodi menempati bangunan seluas 7,1 hektare dengan kapasitas 120.000 unit per tahun.

Yudonendito, Assistant to Dept Body Assambly PT Suzuki Indomobil Motor (SIM), mengatakan secara keseluruhan proses pembuatan 1 unit mobil dari pencetakan bodi kendaraan sampai pemeriksaan akhir memakan waktu hingga 4 jam. “Kalau produksi sudah berjalan, setiap 2—3 menit keluar 1 unit mobil,” katanya di pabrik Suzuki Cikarang, Jawa Barat, Selasa (19/2/2018).

Yudo melanjutkan satu hal yang dibanggakan dari pabrik Cikarang adalah teknologi otomasi yang memperkerjakan 217 robot. Sebanyak 215 robot adalah produksi Yaskawa dan 2 unit Fanuc.

Seluruh robot berkontribusi sebanyak 90% dari proses pengelasan atau welding bodi kendaraan. Robot tersebut diprogram memiliki 6—8 gerakan.

Dia menjelaskan penggunaan robot menjamin akurasi dari setiap produksi. “Tujuan memakai robot itu akurasi. Presisi produksi bodi bisa satu milimeter, engine micro,” kata Yudo.

Adapun aktifitas utama pabrik Cikarang adalah memproduksi New Ertiga dan Karimun Wagon R untuk pasar domestik maupun ekspor. Pabrik ini juga memproduksi mesin dan transmisi. Jenis mesin yang diproduksi adalah mesin K108 (1000cc) untuk Karimun Wagon R dan K148 (1400cc) untuk New Ertiga. 

KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top