Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasar Sedan di Tanah Air Belum Terlihat

Rencana lama pemerintah mengatur kembali pajak kendaraan bermotor mencuat lagi. Nantinya, Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) seluruh kendaraan bermotor roda empat akan diharmonisasi guna tercipta kondisi pasar untuk meningkatkan volume ekspor.
Pekerja pabrik Ford Motor sedang mengerjakan perakitan Ford Mustang 2015 di Ford Motor Flat Rock Assembly Plant di Flat Rock, Michigan, 20 Agustus 2015. /Reuters
Pekerja pabrik Ford Motor sedang mengerjakan perakitan Ford Mustang 2015 di Ford Motor Flat Rock Assembly Plant di Flat Rock, Michigan, 20 Agustus 2015. /Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Rencana lama pemerintah mengatur kembali pajak kendaraan bermotor mencuat lagi. Nantinya, Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) seluruh kendaraan bermotor roda empat akan diharmonisasi guna tercipta kondisi pasar untuk meningkatkan volume ekspor. 

Saat ini, kendaraan penumpang mobil kecil serbaguna (Low Multi Purpose Vehicle/LMPV) begitu mendominasi. Data terakhir menunjukan bahwa model ini menyumbang lebih dari 20% terhadap penjualan pasar otomotif domestik. 

Skema PPnBM kendaraan bermotor roda empat yang tidak adil dituding menjadi biang keladinya. Sedan atau station wagon dikategorikan barang orang kaya karena dikenakan pajak lebih tinggi dibandingkan jenis kendaraan lain. 

Menurut Wakil Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Sudirman Maman Rusdi, harmonisasi pajak kendaraan bermotor memang perlu dilakukan untuk jangka panjang.

“Kalau dilihat dari beberapa negara, pasar sedan bagus sekali,” katanya kepada Bisnis, belum lama ini.

Sudirman mengatakan salah satu pasar yang kuat adalah Australia. Apalagi, seluruh pabrikan mobil di Negeri Kangguru sudah tutup sejak tahun lalu.

Namun, untuk melakukan pengapalan suatu barang terlebih dulu diperlukan pasar domestik yang kuat. Sementara itu, saat ini pasar sedan di Indonesia belum terlihat menggiurkan.

Mengutip data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan pabrik ke diler sedan hanya berkontribusi kurang dari 1% dari total penjualan nasional sepanjang 2017. 

Selain kontribusi yang kecil terhadap pasar domestik, pasokan ke diler sedan tahun lalu juga anjlok. Dibandingkan dengan 2016, penjualan ke diler sedan turun 52,71% pada 2017. 

Sedan dengan kubikasi mesin kurang dari atau sama dengan 1.500 cc turun paling banyak, mencapai 52,71%. Diikuti sedang dengan kubikasi mesin lebih dari 3.001 cc yang menyusut 42,41%, dan terakhir 1.501 cc-3.000 cc turun 15,32%.

Agen Pemegang Merek (APM) dinilai tidak akan ragu memproduksi sedan di Indonesia jika pasar di Tanah Air bagus. Apabila menambah jalur produksi hanya untuk ekspor mobil utuh saja, terang Sudirman, tentu risiko bisnisnya terlalu tinggi.

Oleh karena itu, dia berharap pemerintah menghitung dengan matang agar harmonisasi tarif tersebut akan berimbas pada kenaikan volume penjualan sedan di Indonesia.

“Otomatis kalau domestik [penjualan sedan] naik, sedan diproduksi di sini. Sehingga, kalau sudah begitu, kami ekspor punya daya saing,” tambah Sudirman.

Dia menerangkan rencana ekspor bukan hanya ditentukan oleh APM, tapi juga prinsipal. Adapun Daihatsu diklaim selalu mendukung dan siap menambah investasi jika diperlukan, terlebih karena Indonesia adalah basis produksi terbesar di luar Jepang.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Editor : Annisa Margrit

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper