Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cevian Capital Jual 8,2% Saham Volvo ke Geely

Cevian Capital telah sepakat untuk menjual 8,2% saham di perusahaan produsen truk asal Swedia, Volvo, kepada China melalui Zhejiang Geely Holding Group. Dengan pembelian ini, secara modal Geely menjadi pemilik terbesar di Volvo dan terbesar kedua dari sisi pemegang hak suara setelah perusahaan investasi Industrivarden.
Volvo Truk/Istimewa-Bisnis
Volvo Truk/Istimewa-Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Cevian Capital telah sepakat untuk menjual 8,2% saham di perusahaan produsen truk asal Swedia, Volvo, kepada China melalui Zhejiang Geely Holding Group.

Dikutip dari Reuters, Rabu (27/12/2017), kedua perusahaan telah mengumumkan transaksi jual beli tersebut. Namun, keduanya masih bungkam mengenai nilai transaksi yang disepakati.

Dengan pembelian ini, secara modal Geely menjadi pemilik terbesar di Volvo dan terbesar kedua dari sisi pemegang hak suara setelah perusahaan investasi Industrivarden. Geely diketahui sebagai pemilik Volvo sejak beberapa waktu lalu.

"Kami senang telah mencapai kesepakatan dengan Cevian untuk mengakuisisi Volvo, menjadikan kami sebagai pemegang saham terbesar dari sisi modal di perusahaan yang memimpin penjualan kendaraan komersial," kata Chairman Geely Li Shufu.

Dia menambahkan meskipun memiliki modal yang cukup besar di perusahaan, Geely akan mendukung dan mengikuti kebijakan direksi Volvo yang telah disepakati dan dijalankan sebelumnya.

Li melanjutkan Nomura International Plc dan Barclays Capital Securities Limited telah sepakat untuk mengakuisisi saham Cevian Capital dan menjualnya ke Geely saat persetujuan peraturan yang diperlukan telah diperoleh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Tegar Arief
Editor : Annisa Margrit

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper