Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Google Alphabet Hentikan Program Autopilot Dengan Intervensi Pengemudi

Perusahaan induk Google, Alphabet Inc menghentikan proyek swakemudi yang masih membutuhkan intervensi pengemudi dalam situasi berbahaya.
Alphabet/Bloomberg
Alphabet/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan induk Google, Alphabet Inc menghentikan proyek swakemudi yang masih membutuhkan intervensi pengemudi dalam situasi berbahaya.

Selanjutnya Alphabet akan fokus dalam pengembangan teknologi swakemudi yang sama sekali tidak membutuhkan intervensi pengemudi.

Mengutip Reuters, Selasa (31/10/2017), satu alasan proyek tersebut dihentikan karena pengemudi sangat rentan terhadap gangguan dan tidak siap untuk langsung mengambil alih kontrol kendaraan.

Hal ini dilakukan berdasarkan hasil eksperimen di Sillicon Valley, dengan pengemudi dikondisikan tidur siang, mengenakan riasan, dan bermain ponsel saat berkendara dalam kecepatan sekitar 90 Km per jam.

John Krafcik, kepala Waymo, sebuah proyek milik Alphabet untuk pengembangan kendaraan otonom, mengatakan kepada wartawan bahwa sekitar lima tahun yang lalu membayangkan bahwa teknologi ini dapat menjadi langkah awal mengenalkan mobil otonom.

Seperti pabrikan otomotif lain, perusahaan ini pun mengembangkan teknologi autopilot.

“Apa yang kami temukan sangat menakutkan. Sulit untuk [pengemudi] mengambil alih karena mereka telah kehilangan kesadaran mengemudi sebelumnya,” kata Krafci.

Krafci mengatakan teknologi yang akan dimiliki Alphabet nantinya akan mengontrol mobil secara keseluruhan. Memungkinkan semua manusia di dalam mobil menjadi penumpang.

Selain itu, dia juga menyebutkan bahwa Alphabet sedang merencakanan untuk meluncurkan truk otonom, layanan transit kota, dan kemitraan dengan pembuat mobil lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper