Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TOKYO MOTOR SHOW 2017 : Nissan Kenalkan Canto, Teknologi Suara untuk Mobil Listrik

Nissan Motor Co mengenalkan Canto, sebuah teknologi suara yang disematkan pada mobil listrik pada ajang otomotif Tokyo Motor Show 2017. Canto dalam bahasa latin berarti Aku menyanyi.
Nissan Leaf/Reuters
Nissan Leaf/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Nissan Motor Co mengenalkan “Canto”, sebuah teknologi suara yang disematkan pada mobil listrik pada ajang otomotif Tokyo Motor Show 2017. Canto dalam bahasa latin berarti “Aku menyanyi”.

Teknologi ini dirancang untuk mengeluarkan berbagai jenis suara dan nada beragam, sesuai dengan laju kendaraan. Suara ini akan secara otomatis aktif pada kecepatan 20—30 Kmpj, tergantung kebutuhan kondisi berbagai negara.

Daniele Schillaci, Executive Vice President Nissan Motor Co untuk Global Marketing dan Sales, Zero-Emission Vehicles dan Battery Busines mengatakan "Canto" diciptakan dengan tujuan untuk membangun kewaspadaan sebagai sebuah prioritas. Suara akan terdengar jelas, tanpa mengganggu pejalan kaki dan penumpang.

”Elemen penting Nissan Intelligent Mobility adalah bagaimana kendaraan terintergrasi dengan lingkungan sekitar, dan komponen krusial tersebut adalah suara,” jelas Schillaci dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Senin (30/10/2017).

Nissan sudah mengembangkan mobil dengan suara tambahan sejak 2010, melalui sistem “Approaching Vehicle Sound for Pedestrian”. Hal ini dibutuhkan untuk sebuah mobil listrik. Tanpa tambahan teknologi suara, mobil listrik akan melaju dengan senyap.

Nissan juga tercatat sebagai produsen otomotif pertama yang memproduksi secara massal kendaraan listrik, yakni Leaf. Sejauh ini mobil tersebut masih menjadi kendaraan dengan energi baru terbarukan terlaris di dunia.

Tahun lalu, Nissan mengakuisisi 34% saham Mitsubishi Motors untuk memperkuat aliansi yang sebelumnya sudah terjalin bersama Renault. Data internal terkahir perusahaan capaian tahun fiskal 2016 aliansi telah menjual hampir 10 juta unit kendaraan di seluruh dunia.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Muhammad Khadafi
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper