Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SKANDAL EMISI: Jaksa Stuttgart Selidiki Porsche & Bosch

Jaksa di Stuttgart telah membuka penyelidikan awal terhadap karyawan di produsen mobil sport Jerman Porsche AG untuk mengetahui apakah merek tersebut terlibat dalam merancang perangkat lunak untuk menipu tes emisi.nn
Porsche AG/Porsche Newsroom
Porsche AG/Porsche Newsroom

Bisnis.com, STUTTGART - Jaksa di Stuttgart telah membuka penyelidikan awal terhadap karyawan di produsen mobil sport Jerman Porsche AG untuk mengetahui apakah merek tersebut terlibat dalam merancang perangkat lunak untuk menipu tes emisi.

Ini merupakan bagian terakhir dari investigasi Volkswagen (VW) Group yang membawahi sejumlah merek terkenal seperti Audi, VW, dan Porsche. Sebelumnya, perangkat lunak ilegal telah ditemukan di mobil VW, Audi, dan Porsche yang menggunakan mesin diesel.

Dikutip dari Reuters, Sabtu (1/7/2017), jaksa Jan Holzner mengatakan bahwa penyelidikan Porsche bukanlah penyelidikan formal, namun masih tahap awal. Namun demikian perusahaan enggan untuk memberikan keterangan.

Beberapa model Porsche memang telah dilengkapi dengan mesin diesel berkapasitas 3 liter. Mesin tersebut dipasok oleh Audi. Secara terpisah, jaksa di Munich menyelidiki Audi tentang perannya dalam merancang mesin tersebut.

Selain itu, Kejaksaan Atuttgart juga secara resmi melakukan penyelidikan terhadap tiga karyawan di pemasok otomotif Bosch terkait dugaan keterlibatan dalam kecurangan tersebut.

"Kami sedang menyelidiki tiga karyawan yang menjabat sebagai manajer, dengan tingkatan jabatan manajer tertinggi dan manajer menengah. Penyelidikan bisa diperlebar," kata dia.

Bosch membantu mengembangkan unit kontrol mesin yang dikenal sebagai EDC17 untukmesin diesel EA189 VW yang kemudian gagal saat menjalani tes emisi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Tegar Arief

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper