Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Varian Baru Kerek Penjualan Small Sedan

Adanya produk atau tampilan baru dinilai menjadi faktor utama kenaikan penjualan kendaraan segmen small sedan. Tiga bulan pertama tahun ini, penjualan small sedan naik tiga kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun lalu, yakni dari 358 unit menjadi 1.074 unit.
All New Honda Civic Type-R./worldhonda.com
All New Honda Civic Type-R./worldhonda.com

Bisnis.com, JAKARTA - Adanya produk atau tampilan baru dinilai menjadi faktor utama kenaikan penjualan kendaraan segmen small sedan. Tiga bulan pertama tahun ini, penjualan small sedan naik tiga kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun lalu, yakni dari 358 unit menjadi 1.074 unit.

Executive General Manager Area Management PT Toyota Astra Motor Anton Jimmy menjelaskan, perusahaan yang bermain di kelas ini tersisa dua yakni Toyota dan PT Honda Prospect Motor.

Kedua perusahaan juga telah meluncurkan varian terbaru dari masing-masing produknya di kelas ini, yakni Toyota Corolla Altis dan All New Honda Civic. Inilah yang menjadi pengungkit penjualan small sedan pada awal tahun ini.

"Untuk sedan kelas ini faktornya adalah produk baru. Tahun lalu ada Civic full model dan awal tahun ini kami meluncurkan Corolla minor change," katanya kepada Bisnis, Selasa (16/5/2017).

Mengutip data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Toyota dan Honda memang saling sikut di segmen ini. Merek lain yang juga memasarkan produk small sedan telah mundur dari persaingan.

Selain dua merke tersebut, sebelumnya PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia juga bermain di kelas ini dengan produknya, Lancer. Namun salah satu sedan legendaris itu mencatatkan penjualan terakhir pada tahun lalu yang hanya sebanyak 3 unit.

Adapun pabrikan asal Amerika Serikat, Ford Motor Co telah lama undur diri dari persaingan. Sebelumnya, saat masih didistribusikan oleh PT Ford Motor Indonesia merek tersebut memasarkan model Focus.

Pada kuartal pertama tahun ini, Corolla Altis mencatatkan penjualan sebanyak 248 unit, turun sebesar 30,72% dibandingkan capaian pada periode yang sama tahun lalu yakni sebanyak 358 unit.

Anton menegaskan, perusahaan masih akan tetap mempertahankan pasar di segmen ini. Strategi yang dilakukan untuk memperluas cakupan pasar adalah dengan mengandalkan konsumen loyal serta melakukan penyegaran.

"Kami fokus ke loyal customer dan tentunya juga melakukan product improvement seperti peluncuran Corolla minor change itu," ujarnya.

Toyota memang tak seberuntung Honda. Pada kurun waktu yang sama, Honda Civic mencatatkan penjualan sebanyak 826 unit. Angka tersebut sangat signifikan mengingat pada kuartal pertama tahun lalu Honda tidak membukukan penjualan.

Sementara itu, Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy mengatakan kinerja penjualan perusahaan sejauh ini terbilang cukup memuaskan. Civic memang menjadi salah satu tulang punggung penjualan Honda di segmen sedan.

"All New Honda Civic terjual sebanyak 37 unit [April tahun ini] dengan dengan penjualan total sebanyak 863 unit sepanjang tahun ini. Kami optimis penjualan di bulan berikutnya akan meningkat," katannya.

Civic dan Corolla memang terus bersaing untuk menguasai pasar di kelas ini. Dari sisi harga, keduanya memang terbilang setara. Civic dipasarkan dengan harga Rp480 juta untuk 1.5L ES dan Rp483 juta untuk 1.5L Prestige, dan Corolla dijual dengan harga mulai dari Rp426,1 juta.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Tegar Arief
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper