Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PASAR MPV HIGH END: Nissan Serena Terus Pepet Toyota Alphard

Persaingan pasar di kelas upper multipurpose vehicle (MPV) sangat ketat. Jika sebelumnya kelas ini hanya dikuasai dua produk dari Toyota, yakni Alphard dan Vellfire, kini Nissan melalui Serena mencoba mengganggu.
Tegar Arief
Tegar Arief - Bisnis.com 14 April 2017  |  11:50 WIB
/Ilustrasi
/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Persaingan pasar di kelas upper multipurpose vehicle (MPV) sangat ketat. Jika sebelumnya kelas ini hanya dikuasai dua produk dari Toyota, yakni Alphard dan Vellfire, kini Nissan melalui Serena mencoba mengganggu.

Bahkan, dari rekaman data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dirilis Jumat (14/4/2017), Serena terus menempel Aphard.

Selama tiga bulan pertama tahun ini, penjualan Alphard tercatat sebanyak 581 unit. Adapun Serena, berhasil menorehkan penjualan sebanyak 518 unit. Sementara itu Vellfire hanya berhasil terjual 180 unit.

Secara bulanan, Alphard pada Maret lalu berhasil membukukan penjualan sebanyak 154 unit. Sedangkan Serena, berhasil terjual sebanyak 256 unit. Data ini menunjukkan persaingan antara PT Toyota Astra Motor dan PT Nissan Motor Indonesia untuk menguasai MPV kelas atas cukup sengit.

Sebenarnya, tidak hanya dua merek itu yang bermain di kelas ini. Merek lain itu adalah Mitsubishi Motors, PT Hyundai Mobil Indonesia, PT General Motors Indonesia, Mazda Motors, dan PT Honda Prospect Motor.

Hanya saja, penjualan merek-merek itu kurang menggembirakan. Mitsubishi Delica hanya terjual sebanyak 63 unit pada kuartal I/2017, Hyundai H-1 sebanyak 59 unit, Chevrolet Orlando 55 unit, Mazda Biante 0 unit, dan Honda Odyyssey 44 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

alphard serena
Editor : Bunga Citra Arum Nursyifani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top