Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Fiat Chrysler Gandeng Google Bikin Mobil Semi Otonom

Melalui anak perusahaan miliknya Alphabet Inc., perusahaan teknologi terbesar di dunia, Google, berencana akan memulai jasa berbagi kendaraan (ride-sharing service) pada akhir 2017 mendatang dengan menggandeng manufaktur otomotif ternama, Chrysler Automobile NA.
Fiat Chrysler Automobiles. /Reuters
Fiat Chrysler Automobiles. /Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Melalui anak perusahaan miliknya Alphabet Inc., perusahaan teknologi terbesar di dunia, Google, berencana akan memulai jasa berbagi kendaraan (ride-sharing service) pada akhir 2017 mendatang dengan menggandeng manufaktur otomotif ternama, Chrysler Automobile NA.

Sinergi keduanya akan mendukung rencana korporasi tersebut dengan mobil minivan berteknologi semi otonom miliknya, Chrysler Pacifica.

Proyek yang akan berada di bawah pengawasan unit bisnis milik Alphabet, Waymo, tersebut rencananya akan membutuhkan lebih dari 100 unit Chrysler Pacifica yang akan disediakan pihak Fiat Chrysler pada Mei nanti.

"Rencana ini akan menjadi langkah lanjutan yang akan mengakomodasi masyarakat untuk aktivitas sehari-hari seperti urusan bisnis, pergi bekerja, atau pulang ke rumah dengan selamat saat malam hari," ungkap pihak perusahaan teknologi asal AS tersebut.

Chief Executive Officer Waymo, John Krafcik, yang merupakan mantan eksekutif Hyundai menyatakan bahwa pihak perusahaan tengah menambahkan sejumlah sistem sensor baru ke kendaraan Chrysler tersebut.

"FCA merupakan rekan yang hebat," jelas Krafcik saat menghadiri sebuah acara di San Francisco pada Selasa.

Kesepakatan dengan Google juga menjadi langkah besar bagi Fiat Chrysler untuk melakukan perubahan dalam industri otomotif.

Rencananya Fiat juga akan merilis kendaraan bertenaga listrik secara penuh di tengah bergesernya preferensi konsumen terhadap kendaraan bertenaga baterai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus
Sumber : Bloomberg

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper