Skandal Emisi: VW Bayar US$1,21 Miliar Kepada Dealer di AS

Manajemen Volkswagen AG akan melakukan pembayaran sebesar US$1,21 miliar kepada 652 dealer di Amerika Serikat sebagai bagian dari penyelesaian kompensasi akibat skandal uji emisi mesin diesel yang mencapai US$16,5 miliar
Lingga Sukatma Wiangga | 02 Oktober 2016 13:48 WIB
Ilustrasi

Bisnis.com, WASHINGTON—Manajemen Volkswagen AG akan melakukan pembayaran sebesar US$1,21 miliar kepada 652 dealer di Amerika Serikat sebagai bagian dari penyelesaian kompensasi akibat skandal uji emisi mesin diesel yang mencapai US$16,5 miliar.

Dealer VW akan menerima kompensi rata-rata sebesar US$1,85 juta selama 18 bulan.

Di sisi lain, pengacara untuk dealer tersebut mengatakan Volkswagen tidak akan menjual kendaraan diesel di AS pada 2016 dan 2017. Volkswagen yang telah dilarang menjual semua kendaraan diesel di Amerika Serikat sejak akhir 2015.

Sebelumnya, Volkswagen masih menghadapi potensi tuntutan miliaran dolar di AS sebagai akibat dari pidana sipil dan potensi melanggar undang-undang emisi, serta kemungkinan pembelian kembali 85.000 kendaraan yang dilengkapi dengan mesin diesel 3.0 liter jika tidak dapat meyakinkan regulator bahwa mereka bisa memperbaiki hal tersebut.

"Amerika Serikat akan terus mengejar klaim untuk hukuman sipil dan meminta Volkswagen sepenuhnya bertanggung jawab," kata pengajuan Departemen Kehakiman, seperti dikutip Reuters akhir pekan ini.

Sumber : reuters

Tag : otomotif
Editor : Saeno
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top