Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kualitas Pelayanan Aftersales Meningkat

Pelayanan jaringan diler kendaraan bermotor meningkat. Dalam riset yang dilakukan oleh J.D. Power, secara total tingkat kepuasan pelayanan aftersales pada 2016 mencapai rata-rata 765 dari angka maksimal 1.000.
Tegar Arief
Tegar Arief - Bisnis.com 04 September 2016  |  02:30 WIB
Kualitas Pelayanan Aftersales Meningkat
Pelayanan jaringan diler kendaraan bermotor meningkat. Dalam riset yang dilakukan oleh J.D. Power, secara total tingkat kepuasan pelayanan aftersales pada 2016 mencapai rata-rata 765 dari angka maksimal 1.000. - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Pelayanan jaringan diler kendaraan bermotor meningkat. Dalam riset yang dilakukan oleh J.D. Power, secara total tingkat kepuasan pelayanan aftersales pada 2016 mencapai rata-rata 765 dari angka maksimal 1.000.

Angka tersebut naik 4 poin dibanding indeks kepuasan konsumen pada tahun lalu. Kenaikan indek kepuasan ini ditunjang oleh kemampuan agen pemegang merek (APM) meningkatkan pelayanan.

Dari data tersebut, 96% dari para pelanggan dapat membuat janji pada hari yang mereka inginkan, 93% kendaraan pelanggan selesai dikerjakan pada hari yang sama, dan 99% mengindikasikan bahwa pekerjaannya sudah langsung benar saat pertama kali.

"Ini adalah sebuah kesempatan, tidak hanya untuk membangun hubungan dengan para pelanggan mereka, tetapi juga untuk menciptakan sebuah bisnis baru," kata tulis laporan tersebut J.D. Power yang diterima Bisnis, Sabtu (3/9/2016).

PT Toyota Astra Motor menempati posisi teratas dalam riset ini, yakni dengan mengumpulkan poin sebanyak 769, kemudian disusul PT Nissan Motor Indonesia (767 poin), Mitsubishi Motors (766 poin), dan PT Astra Daihatsu Motor (765 poin) di posisi keempat.

Dalam riset yang dilakukan dari Februari hingga Juni 2016, juga ditemukan fakta bahwa biaya service mengalami kenaikan 8% dibanding tahun lalu. Rata-rata biaya service di Indonesia pada tahun ini mencapai Rp650.000.

Survei ini dilakukan terhadap 3.041 pemilik kendaraan yang menerima pengiriman kendaraan baru mereka antara Februari 2014 dan Juni 2015 dan telah mengantarkan kendaraan mereka ke dealer resmi atau pusat layanan antara Agustus 2016 dan Juni 2016.

Ada lima faktor indikasi penilaian diler, yakni kualitas servis, memulai pengerjaan servis, fasilitas servis, pengambilan kendaraan, dan konsultan layanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

industri otomotif bengkel mobil
Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top