Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasar Mobil di Malang Diyakini Bergairah pada Kuartal II/2016

Pasar mobil di Malang pada kuartal II/2016 diproyeksikan lebih bergairah daripada kuartal I karena ekonomi sudah bergerak dengan adanya stimulus dari pemerintah berupa realisasi government expenditure selain momen Lebaran.
Mobil baru/Ilustrasi
Mobil baru/Ilustrasi

Bisnis.com, MALANG - Pasar mobil di Malang pada kuartal II/2016 diproyeksikan lebih bergairah daripada kuartal I/2016 karena ekonomi sudah bergerak dengan adanya stimulus dari pemerintah berupa realisasi government expenditure selain momen Lebaran.

Kepala Cabang Auto2000 Malang Sukun Rudi Kristanto mengatakan puncak penjualan mobil pada triwulan II/2016 terutama pada Mei-Juni karena untuk memenuhi angkutan Lebaran.

“Khusus mobil Toyota, ada keunggulan kompetitif karena pasokannya banyak digudang sehingga konsumen langsung bisa membawa pulang mobilnya, tidak pakai inden,” ujarnya di Malang, Kamis (12/5/2016).

Hampir semua mobil Toyota tidak inden, kecuali Fortuner dan All New Sienta. Mobil yang baru dirilis Toyota tersebut baru bisa dipenuhi sekitar akhir Juli, tetapi pemesanannya sudah dapat dilayani. “Pemesanannya mobil All New Seinta relatif baik. Sudah banyak,” ujarnya.

Selain faktor Lebaran, peningkatan penjualan mobil pada triwulan II/2016 dipicu membaiknya perekonomian karena adanya stimulus fiskal dari pemerintah dengan direalisasikan belanja pemerintah. “Bahkan pemda juga sudah merealisasikan pembelian mobil dinas, terutama yang memakai merek Toyota,” ujarnya.

Karena itulah, khusus Toyota, penjualan pada Mei-Juni bisa naik 20% bila dibandingkan realisasi penjualan bulan-bulan lainnya.

Kepala Cabang Kartika Sari Toyota Malang Hariyanto Iskandar menambahkan faktor lain yang memicu pertumbuhan penjualan mobil Toyota karena dirilisnya mobil baru, yakni Toyota All New Sienta.

Selain itu, beberapa mobil baru ditingkatkan variannya, seperti Agya dengan varian 7 seater sehingga dapat mendongkrak penjualan mobil merek tersebut. Tren pasar biasanya menyenangi hal-hal yang terkait dengan produk baru.

Kepala Cabang Auto2000 Malang Sutoyo Gde Arimbawa mengatakan pasar mobil, terutama Toyota, di Malang dan Jatim secara keseluruhan lebih baik daripada daerah lainnya karena angkanya terus tumbuh.

Bahkan pada April, penjualan mobil Toyota tetap tumbuh 10% bila dibandingkan realisasi penjualan pada Maret 2016. Realisasi penjualan mobil semua tipe dan merek di Malang pada April mencapai 1.720 unit, sedangkan pangsa pasar Toyota pada bulan tersebut mencapai 30% secara year to month.

Menurut Rudi, penjualan mobil Toyota di Malang sampai saat ini masih bertumbuh pada Avanza dengan sumbangan penjualan sebesar 45%, disusul Agya 25%, Yaris 15%, Innova 15%, dan sisanya Fortuner dan Rush.

Dengan diluncurkan All New Sienta, maka kemungkinan proporsi sumbangan masing-masing mobil pada total penjualan mobil Toyota otomatis akan berubah. Namun dia yakinkan, peluncuran produk multi activity vehicle itu tidak menggerus mobil Toyota lainnya karena masing-masing sudah mempunyai pasar yang baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper