Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Pesan Pemerintah kepada Gaikindo

Pelaku industri otomotif yang tergabung dalam Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) dinilai menjadi lebih dari sekedar mitra kerja pemerintah.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Pelaku industri otomotif yang tergabung dalam Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) dinilai menjadi lebih dari sekedar mitra kerja pemerintah.

Pasalnya selama ini Gaikindo tak hanya melontarkan kritik terkait perkembangan industri otomotif Tanah Air, namun juga seringkali memberikan saran dan masukan kepada pemerintah.

"Gaikindo telah menjadi lebih dari mitra. Kontribusi dan komunikasi selama ini sangat erat dan bersahabat. Gaikindo sudah menjadi teman ngopi pemerintah dalam dialog-dialog mengembangkan industri otomotif," kata Menteri Perindustrian Saleh Husin saat membuka Rapat Umum Anggota (RUA) Gaikindo yang ke XVIII di Jakarta, Selasa (23/2/2016).

Dalam kesempatan tersebut, dia juga memberikan wejangan kepada para calon Ketua Umum Gaikindo.

Ada empat poin yang ditekankan oleh Saleh, pertama yakni semakin beratnya tantangan industri otomotif ke depan seiring dengan perkembangan sektor ini yang semakin pesat di negara lain.

"Peran asosiasi semakin penting dalam memberikan masukan kepada pemerintah dalam rangka perumusan kebijakan-kebijakan serta program yang sesuai," imbuhnya.

Kedua peningkatan daya saing melalui penguatan industri komponen dan industri pendukung, penguasaan tenologi, dan peningkatan sumber daya manusia.

Hal merupakan kata kunci dan untuk itu mutlak dilakukan serta mendapatkan perhatian serius baik oleh pemerintah maupun pengusaha itu sendiri.

Poin kektiga adalah peningkatan ekspor untuk mempertegas posisi Indonesia sebagai salah satu negara yang menjadi basis produksi kendaraan bermotor. "Untuk dapat mempertahankan bahkan mengembangkan pangsa pasar di negara tujuan ekspor tersebut, maka Indonesia harus dapat memproduksi mobil global yaitu mobil hemat energi dan ramah lingkungan."

Keempat adalah meningkatkan sinergisitas dengan pemerintah untuk mengimbangi masuknya arus barang dan jasa di sektor otomotif dalam rangka pasar tunggal Asean yang kini telah berjalan.


Pemerintah selalu mendorong agar Indonesia menjadi basis industri otomotif berorientasi ekspor, selain sebagai pasar domestik bagi pabrikan kendaraan bermotor.

"Kami mengharapkan Gaikindo untuk bersama-sama dengan Pemerintah merapatkan barisan memperkuat kemampuan industri dalam negeri melalui pengarusutamaan penggunaan dan pemberdayaan industri komponen dalam negeri, peningkatan kemampuan sumber daya manusia."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Tegar Arief
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper