Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pangsa Pasar Motor Skutik Terus Bertumbuh

Ketua Bidang Komersial Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Sigit Kumala mengatakan, tahun ini market share skuter matik (skutik) diprediksi mencapai 70% bahkan lebih

Bisnis.com, JAKARTA—Ketua Bidang Komersial Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Sigit Kumala mengatakan, tahun ini market share skuter matik (skutik) diprediksi mencapai 70% bahkan lebih.

Angka tersebut dinilai akan menjadi titik tertinggi capaian pangsa pasar skutik di pasar sepeda motor Nasional. Di penghujung semester I/2014 pangsa pasar skutik ada di kisaran 67-68%.

“Tahun ini akan mencapai 70%. Tapi tidak akan sampai pada 80% market share-nya. Itu akan jadi capaian tertinggi dan stagnan di angka tersebut,” ujarnya kepada Bisnis, Rabu (2/7/2014).

Pertumbuhan pangsa pasar skutik tersebut “mencuri” market share segmen underbone. Pada tahun lalu sepeda motor bebek dengan transmisi menguasai 20% pangsa pasar sepeda motor di Tanah Air.

Hingga penghujung semester I/2014, pangsa pasarnya turun menjadi 19%. Tahun ini, Kumala memperkirakan pangsa pasarnya akan merosot hingga kisaran 15-16%.

Di segmen sepeda motor sport, pangsa pasar akan naik hingga 17% pada tahun ini. Atau naik sekitar 2% dari Mei lalu.

Dia menambahkan, tahun ini target AISI dalam penjualan sepeda motor dari semua segmen di tingkat Nasional ada di kisaran 7,7-8 juta unit.

Dengan adanya kenaikan pangsa pasar skutik tersebut, tidak mustahil bulan depan AISI merevisi target penjualan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper