Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kia Morning Susupi Pasar LCGC

Segmen mobil perkotaan (city car) mencakup pula mobil hemat bahan bakar dengan harga terjangkau dipadati merek Jepang. Demi bertahan di pasar ini, pabrikan Korea Selatan meluncurkan city car bercita rasa low cost and green car (LCGC).

Bisnis.com, JAKARTA—Segmen mobil perkotaan (city car) mencakup pula mobil hemat bahan bakar dengan harga terjangkau dipadati merek Jepang. Demi bertahan di pasar ini, pabrikan Korea Selatan meluncurkan city car bercita rasa low cost and green car (LCGC).

PT Kia Mobil Indonesia (KMI) selaku agen resmi mobil Kia akhirnya memulai penjualan massal Morning 1.000 cc sejak 20 Mei 2014. Rivalitas mobil ini condong ke LCGC alias kendaraan bermotor roda empat hemat energi dan harga terjangkau (KBH2) daripada city car non-LCGC.

Direktur Pemasaran KMI Hartanto Sukmono mengatakan kalau untuk mendongkrak penjualan city car harus bergabung ke dalam program KBH2 justru tak ekonomis untuk Kia. Persyaratan mobil murah berupa lokalisasi produksi mencapai 80% sulit dipenuhi.

“Kami belum bisa memenuhi persyaratan itu karena belum punya fasilitas manufaktur di Indonesia. Jadi, Morning tetap city car [non-KBH2]. Kami ingin ambil celah harga LCGC dan city car,” katanya kepada Bisnis, Senin (2/6/2014).

Kia Morning 1.000 cc diharapkan bisa mengisi celah antara KBH2 alias LCGC dan mobil perkotaan non-KBH2. Caranya, dengan membenderol mobil mungil ini lebih murah ketimbang Picanto 1,2 L dan tak jauh di atas mobil murah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper