Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Meski Pasarnya Kecil, Toyota Lanjutkan Vios Made in Karawang

Selama 2 bulan pertama tahun ini, total produksi mobil merek Toyota mencapai 90.824 unit. Vios sebagai satu-satunya sedan yang diproduksi lokal berkontribusi 2.505 unit.
Toyota Vios bukan produk baru di segmen sedan. /bisnis.com
Toyota Vios bukan produk baru di segmen sedan. /bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA—Selama 2 bulan pertama tahun ini, total produksi mobil merek Toyota mencapai 90.824 unit. Vios sebagai satu-satunya sedan yang diproduksi lokal berkontribusi 2.505 unit.

Produksi Vios tersebut setara dengan 2,76%, jumlah yang terbilang kecil bagi merek sekelas Toyota. Tapi, perolehan ini bisa dibilang langkah berani mengingat kecilnya pasar sedan domestik tapi Toyota bersedia melokalisasi produksinya di pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

“Pabrik Karawang 2 dalam sebulan memproduksi sekitar 5.000 unit, Yaris dan Etios 3.500 sampai 4.000 unit dan sisanya Vios,” kata Executive GM HRD Corporate & External Affairs Division TMMIN Bob Azam kepada Bisnis, Minggu (23/3/2014).

Toyota Vios bukan produk baru di segmen sedan, baik taksi maupun non taksi. Untuk kebutuhan taksi, sedan ini terjual sekitar 1.568 unit selama 2 bulan pertama tahun ini. Sedangkan di segmen nontaksi laku 605 unit.

Produksi sejumlah 90.824 unit mencakup kendaraan yang diproduksi melalui pabrik milik PT Astra Daihatsu Motor (ADM) maupun TMMIN. Ada 3 produk selain Vios yang digarap TMMIN, yaitu Kijang Innova, Fortuner, Etios Valco, dan Yaris.

Sedangkan Toyota Avanza, Nav-1, Rush, LiteAce, dan Agya diproduksi di pabrik ADM. Ada 2 kontributor utama penjualan Toyota yang berasal dari pabrik ADM, yakni Avanza 38.755 unit dan Agya 14.901 unit.

Realisasi produksi Avanza setara 42,67% dari total produksi sedangkan Agya berkontribusi sekitar 16,41%. Secara berurut mobil Toyota yang membukukan kuantitas produksi terbanyak ialah Kijang Innova 13.125, Fortuner 10.676, Rush 5.753, Etios Valco 3.187, Vios 2.505, LiteAce 18.56 unit, dan Nav-1 66 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper