Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AISI Targetkan Kinerja Penjualan Motor 2014 Setara Dengan 2013

Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menargetkan penjualan sepeda motor pada 2014 sama dengan kinerja tahun lalu sebanyak 7,7 juta-8 juta unit.

Bisnis.com, JAKARTA--Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menargetkan penjualan sepeda motor pada 2014 sama dengan kinerja tahun lalu sebanyak 7,7 juta-8 juta unit.

Target yang bersifat stagnan ini sejalan dengan akumulasi kondisi makro ekonomi yang terganggu sejak beberapa bulan lalu.

Kondisi ekonomi yang kian melemah seperti penaikan suku bunga acuan ke level 7,5%, nilai tukar rupiah yang melemah terhadap dolar AS yang menyentuh Rp12.000 sangat mempengaruhi penjualan sepeda motor karena akan mengganggu daya beli konsumen di pasar domestik.

Ketua Bidang Komersial AISI Sigit Kumala menjelaskan adanya perlambatan ekonomi pada akhir 2013 memang membuat ATPM yang berada di bawah bendera AISI untuk tidak mematok target yang ambisius di tahun politik ini.

“Kita realistis terhadap situasi ekonomi sekarang, sehingga target penjualan yang stagnan merupakan hal yang wajar,” tuturnya, Minggu (12/1/2014).

Sigit menerangkan, inflasi yang terkerek naik juga akan sangat mempengaruhi rendahnya daya beli konsumen domestik.

Namun, di sisi lain, sambungnya, masih ada harapan baik yang bisa mempertahankan penjualan sepeda motor domestik.

Diantaranya, membaiknya komoditas di beberapa daerah pada beberapa bulan belakangan hingga periode Januari 2014 sangat mendukung ekonomi masyarakat di daerah untuk membeli sepeda motor.

Dampak positif lainnya, ujar Sigit, terkait gejolak mobilitas politik pada 2014 yang akan sangat mengerek permintaan pembelian sepeda motor oleh partai politik dalam melakukan aktivitas politik di daerah.

AISI mencatat, penjualan sepeda motor di pasar domestik sepanjang 2013 mengalami kenaikan 8,81% menjadi 7.771.014 unit dibandingkan 2012 sebesar 7.141.586 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper