Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SUV Mewah Mercedes Benz GL-Class Dirakit di Indonesia, Adopsi Selera Lokal

Mercedes-Benz, produsen mobil mewah asal Jerman, menunjuk Indonesia sebagai negara pertama di luar AS yang diizinkan merakit mobil SUV mewah GL-Class mulai September 2013.

Bisnis.com, JAKARTA—Mercedes-Benz, produsen mobil mewah asal Jerman, menunjuk Indonesia sebagai negara pertama di luar AS yang diizinkan merakit mobil SUV mewah GL-Class mulai September 2013.

Sebelumnya, Mercedes-Benz hanya me ngon sentrasikan produksi GL-Class di pab rik utama mereka di Tuscaloosa, Amerika Se rikat. Namun, seiring dengan perkembangan pasar SUV mewah yang pesat di Asia, Mercedes-Benz memutuskan berekspansi ke sejumlah negara yang dinilai prospektif.

Setelah Indonesia, prinsipal otomotif, yang berkantor pusat di Stuttgart, Baden-Wurttemberg, Jerman, ini akan kembali fokus menggarap pabrik perakitan serupa di India pada tahun ini juga.

Presiden Direktur dan CEO PT Mercedes-Benz Indonesia (MBI) Claus Weidner menilai keputusan merakit GL-Class di Indonesia sebagai babak baru menyusul pertumbuhan ekonomi yang cukup baik dan tingkat kesukaan konsumen yang tinggi terhadap mobil berkapasitas penumpang banyak.

Selain itu, sambungnya, bertumbuhnya konsumen kelas menengah atas yang kian pesat pada 2014 menjadi acuan utama perusahaan untuk menjadikan Indonesia sebagai basis penjualan SUV GL-Class.

“Kami untuk pertama kalinya memulai perakitan lokal GL-Class di Indonesia pada tahun ini. Kami mulai merespons permintaan konsumen yang belakangan ini berharap Mercedes-Benz bisa memunculkan produk SUV sesuai dengan selera pasar Indonesia,” ujarnya, Selasa (3/12/2013).

Pasar mobil di Indonesia, lanjutnya, sangat bergairah dan unik sehingga MBI merasa pantas merakit kendaraan yang disesuaikan dengan keadaan konsumen lokal. Hal ini sekaligus membuktikan keyakinan Mercedes-Benz terhadap prospek pasar SUV mewah di Tanah Air.

Selain SUV (sport utility vehicle) GL-Class, ujar Claus, Mercedes-Benz Indonesia telah merakit secara lokal kendaraan unggulan mereka, mulai dari sedan C-Class, E-Class, S-Class dan M-Class sejak 1981.

Adapun, pabrik untuk perakitan GL-Class akan difokuskan di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat. “Jadi mulai hari ini [kemarin], konsumen di Indonesia sudah bisa mendapatkan GL-Class di seluruh diler Mercedes-Benz,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper