Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Astra Tambah Produksi Ayla dan Agya 10.000 Unit Per Bulan

PT Astra Daihatsu Motor akan meningkatkan kapasitas produksi Daihatsu Ayla dan Toyota Agya sebanyak 10.000 unit setiap bulannya.

Bisnis.com, BANDUNG — PT Astra Daihatsu Motor akan meningkatkan kapasitas produksi Daihatsu Ayla dan Toyota Agya sebanyak 10.000 unit setiap bulannya.

Peningkatan kapasitas produksi mobil yang masuk dalam program mobil dengan harga terjangkau dan hemat energi itu menyusul pemenuhan permintaan konsumen yang membludak setelah diluncurkan pada beberapa bulan sebelumnya.

Manufacture Director PT ADM Pongky Prabowo menjelaskan penambahan kapasitas produksi di pabrikan  tersebut sudah berjalan dalam beberapa bulan terakhir. Penambahan ini, ungkapnya, mendorong PT ADM dan PT Toyota Astra Motor untuk bersinergi untuk mengambil langkah cepat sehingga permintaan konsumen cepat terpenuhi dan terkirim.

“Diluar dugaan terjadi peningkatan seperti ini jadi butuh kerja keras,” ungkapnya dalam acara Workshop yang di gelar PT Astra International, Jumat (29/11).

Dia menerangkan, selama ini, pada pabrikan milik ADM tersebut dirakit Astra Toyota Agya dan Astra Ayla sekaligus sehingga kendala muncul dimana target produksi menumpuk. Untuk menghadapi kendala ini, sambungnya, pihak ADM dan TAM telah berencana untuk menambah lagi kapasitas produksi tiap bulannya sebanyak 10.000 unit sejak September.

Selain meningkatkan produksi, dua perusahaan otomotif terbesar di Indonesia ini juga memberlakukan tambahan jam kerja setiap harinya sambil menanti langkah lainnya ke depan.

Namun, di sisi lain, sambungnya, pabrikan di bawah bendera Astra ini juga sedang mempersiapkan rencana lanjutan lebih besar seperti memperluas pabriknya sebesar sepertiga dari luas awalnya untuk mengantisipasi membludaknya pemesanan produk Astra Toyota agya dan Astra Daihatsu Ayla untuk program mobil dengan harga terjangkau dan hemat energi ini.

Sejauh ini, dari produksi mobil Daihatsu Ayla dan Toyota Agya  di pabrikan kawasan Industri Surya Cipta Karawang dengan investasi sebesar Rp 2,1 triliun atau 20 Milyar Yen tersebut, telah mencatatkan pertumbuhan penjualan yang sangat signifikan.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menjelaskan, penjualan Astra Toyota Agya pada Oktober berhasil mengalami kenaikan 29,5% menjadi 5.343 unit dibandingkan dengan penjualan pada September yakni 4.123 unit. Untuk itu, sejak diluncurkan September hingga Oktober 2013, total penjualan Astra Toyota Agya telah mencapai 9.474 unit dari 18.000 unit yang dipesan.

Sementara itu, penjualan Astra Daihatsu Ayla pada Oktober meningkat 12,61% menjadi 4.929 unit dibandingkan dengan penjualan September yakni 4.373 unit. Sepanjang September—Oktober 2013, Astra Daihatsu Ayla telah membukukan penjualan menjadi 9.306 unit.

Mengamati Pasar

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor Rahmat Samulo menilai peningkatan penjualan untuk produk dari program Pemerintah ini menunjukkan bahwa segmen ini akan sangat bergairah.

Menurutnya, segmen ini pun diprediksi semakin bergairah pada 2014 karena akan diramaikan dengan penantang barunya seperti Honda Brio, Datsun, dan Karimun Wagon R yang mulai masuk dengan produk saingannya.

Melihat akan banyaknya persaingan, Samulo menjelaskan hingga saat ini, baik pihak ADM dan TAM masih sedang mengamati pertumbuhan pasar terhadap produk baru ini.

“Biasanya produk baru itu bergairah sampai empat bulan. Jika diatas empat bulan bergairah, kami pasti harus cepat mempertimbangkan perluasan,” ujarnya.

Di sisi lain, ungkapnya, strategi penting adalah menyiapkan layanan diseluruh Indonesia sehingga mobil dengan harga terjangkau dan hemat energi bisa dinikmati oleh semua masyarakat di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper