Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Peringkat Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan 10 ATPM

Lembaga survei internasional J.D. Power Asia Pacific mencatat 10 agen tunggal pemegang merek kendaraan terkemuka di Indonesia berhasil memuaskan konsumen dari segi pelayanan, sehingga positif untuk meningkatkan kinerja penjualan.
ilustrasi/bisnis.com
ilustrasi/bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Lembaga survei internasional J.D. Power Asia Pacific mencatat 10 agen tunggal pemegang merek kendaraan terkemuka di Indonesia berhasil memuaskan konsumen dari segi pelayanan, sehingga positif untuk meningkatkan kinerja penjualan.

Noboru Tsuji, Presiden Direktur PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors, agen tunggal pemegang merek Mitsubishi-Fuso, mengatakan peringkat kepuasan konsumen sesuai hasil studi J.D. Power Asia Pacific tentang Sales Satisfaction Index (SSI) dapat memicu pertumbuhan penjualan.

“Untuk itu kami selalu berusaha menjaga kepuasan penjualan agar konsumen menjadi loyal dan merasa sebagai bagian dari Mitsubishi,” katanya seusai acara penyerahan tropi SSI 2013 dari Rajeev Nair, Director J.D. Power Asia Pacific di Jakarta, Selasa (12/11/2013).

Menurutnya, Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) Mitsubishi mencapai prestasi sebagai pencetak rangking tertinggi dalam kepuasan penjualan di Indonesia atau SSI J.D. Power Asia Pacific dengan skor mencapai 792 poin yang ditetapkan berdasarkan tujuh aspek penilaian.

Adapun, tujuh aspek penilaian itu meliputi proses pengiriman mencapai 31%, waktu pengiriman 13%, proses negosiasi 12%, fasilitas diler 12%, penangangan dokumen atau administrasi 11%, tenaga pemasaran 11% dan proses awal penjualan 9%.

Duljatmono, Operation General Manager Marketing Division KTB, menjelaskan penghargaan yang diterima Mitsubishi untuk ketiga kalinya berturut-turut itu dapat menimbulkan kesan atau citra yang semakin positif sehingga konsumen lebih percaya terhadap kualitas produk dan layanan Mitsubishi hingga di tingkat diler.

“Kesan yang semakin positif terhadap kualitas produk dan pelayanan Mitsubishi itu membuat konsumen merasa puas, yang dengan sendirinya mereka menjadi semakin kepercayaan terhadap produk Mitsubishi. Dengan demikian hal itu dapat mendorong laju penjualan,” ujarnya

Sementara itu Rajeev Nair, Director J.D. Power Asia Pacific mengatakan peringkat berikutnya dalam pencapaian SSI 2013 setelah Mitsubishi dengan 792 poin adalah Daihatsu yang berhasil meraih peringkat kedua dengan skor 783 poin.

Peringkat berikutnya diisi oleh Ford, Suzuki dan Toyota dengan skor masing-masing sebesar 780 poin, disusul Honda memperoleh 779 poin, serta Chevrolet, Kia, dan Nissan masing-masing meraih skor 778 poin dan Mazda sebanyak 777 poin.

“Tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan penjualan kendaraan itu merupakan hasil surve Sales Satisfaction Index (IIS) yang melibatkan lebih dari 2.886 responden di Indonesia dan 10 brand yang berlangsung selama periode Oktober 2012-Juni 2013,” ujarnya.

Menurutnya, pencapaian Mitsubishi dengan memperoleh hasil studi SSI2013 tingkat kepuasan penjualan dengan skor 792 poin tersebut berarti meningkat 22 poin dari pencapaian skor tertingginya pada 2012.

“Dengan demikian Mitsubishi berhasil memperlihatkan kinerja yang baik dalam faktor proses awal penjualan, fasilitas diler kesepakatan yang diperoleh, penanganan dokumen, tenaga pemsaran serta proses pengiriman,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Sepudin Zuhri

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper