Begini Cara Hacker Menyusup ke Sistem Mobil Berteknologi Canggih

Bisnis.com, JAKARTA—Kabar buruk bagi pemilik mobil berteknologi mutakhir. Makin canggih fiturnya, makin rentan mobil itu terhadap serangan peretas. Bagaimana ini bisa terjadi?
| 02 Oktober 2013 07:50 WIB

Bisnis.com, JAKARTA—Kabar buruk bagi pemilik mobil berteknologi mutakhir. Makin canggih fiturnya, makin rentan mobil itu terhadap serangan peretas. Bagaimana ini bisa terjadi?

Kasus peretasan mobil pertama kali terungkap pada 2013, ketika sekelompok peneliti universitas yang dikenal sebagai Center for Automotive Embedded System Security (CAESS) menerbitkan rincian tentang temuan pada model sistem komputer tertentu.

Menanggapi studi itu, kontributor Helium Leigh Goessl menyatakan investigator mencoba mencolokkan laptop ke port diagnosticyang ada di mobil. Port ini merupakan fitur umum pada kendaraan masa kini, termasuk mobil produksi 2009 yang sudah dites.

Mereka juga membangun jaringan nirkabel dekat pabrik otomotif untuk mengirim data. Ketika tersambung, peneliti memiliki kendali penuh terhadap fungsi dasar mobil, seperti kemudi, pengereman, radio playback, pengatur suhu, dan pengunci pintu.

Tim CAESS menyatakan sistem komputer mobil sangat rapuh jika tidak didesain tanpa memikirkan sistem keamanan atau privasi yang baik.

Kecanggihan teknologi kendaraan dapat membuat mobil makin rentan. Pasalnya, mereka akan menjadikan otomotif layaknya sistem komputer seperti perangkat desktop dan mobile.

“Makin banyak teknologi baru yang dimasukkan ke dalam kendaraan, makin banyak peluang disalahgunakan untuk tujuan yang merugikan.Benda apapun yang terdapat chip di dalamnya adalah perangkat yang rentan. Sejarah sudah membuktikan,” kata CEO Securoris Rich Mogul dalam siaran pers Trend Micro, Selasa (1/9/2013).

KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top