Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Mobil Terhindar dari Pencurian

Bisnis.com, JAKARTA - Keamanan dan perlindungan sebuah kendaraan merupakan jaminan utama bagi keselamatan mobil ketika hendak dicuri.

Bisnis.com, JAKARTA - Keamanan dan perlindungan sebuah kendaraan merupakan jaminan utama bagi keselamatan mobil ketika hendak dicuri.

Untuk itu sebagai pemilik mobil perlu memperhatikan keselamatan kendaraan dari ancaman pencurian mobil yang ramai dibicarakan beberapa pekan terakhir.

Business Development Manager PT Rema Tip Top Indonesia Eddy Suhaedi menerangkan selama ini pemilik mobil menggunakan keamanan kendaraan dengan alaram konvensional. Pada alaram konvensional, ungkapnya, kelemahan yang sering muncul terkadang ketika pintu sudah dibuka bunyi sirene alaram masih tetap berbunyi.

“Kalau alaram konvensional bisa saja dimatikan pencuri ketika alaram berbunyi sehingga bisa terjadi pencurian,” ungkap Eddy beberapa waktu lalu.

Dia mengatakan sebagai produsen alaram dengan kecanggihan tinggi yang dinamakan “no doubt smart alarm system”, PT Rema Tip Top Indonesia menawarkan kenyamanan yang menggunakan sistem navigasi satelit. Pada alaram yang menggunakan sistem satelit ini, terdapat tiga keamaan dan kecanggihan yakni sistem alaram, global positioning system (GPS), dan push start button.

Menurutnya, saat pengguna mobil menggunkan tekhnologi no doubt, saat menyalakan mesin sudah langsung dipencet sehingga tidak menggunakan kunci seperti biasanya. Keterhubungan dengan handphone pemilik mobil, lanjutnya, membuat pemilik mobil bisa mengetahui ancaman baik pencurian, tabrakan dengan mobil, yang dikirimkan melalui pesan singkat di handphone pemilik mobil.

Selain itu, untuk mempersulit pencurian, dilengkapi dengan sistem immobilizer, yang mana jika alaram dalam posisi aktif (on) maka sistem immobilizer secara otomatis bekerja  dan mesin tidak bisa dihidupkan secara illegal.

Di sisi lain, kecanggihan alaram no doubt juga dilengkapi dengan anti pembajakan dan penyanderaan. Eddy menerangkan, sistem no doubt menggunakan SOS Button dimana tombol darurat digunakan (ditekan) apabila pengemudi merasa dirinya dalam keadaan bahaya, dan perlu pertolongan yang sudah terhubung dengan ponsel dari salah satu keluarganya sehingga bisa mengetahui keadaan dan bisa segera member pertolongan.

Adapun, no doubt  juga menawarkan sistem anti hacking (anti pembajakan), yang dapat digunakan /diaktifkan ketika mobil dibajak atau dibawa pergi paksa oleh pembaca. Sistem kerjanya yakni ketika antihacking telah aktif, sirene mobil secara otomotif akan berbuni terus menerus, yang membuat pembajak panic. Lebh dari itu, apabila kecepatan mobil dibawah 20km/jam, atau rem diinjak, maka membuat mesin mati seketika tampa bisa dihidupkan lagi kecuali pemiliknya.

Kecanggihan lain yang disematkan pada no doubt, sambungnya, adalah menggunakan global positioning system (GPS) untuk melacak lokasi mobil. Ketika diminta melalui sms atau caling, sistem akan mengirimkan koordinat lokasi google map link mobil melalui sms ke ponsel anda.

No doubt  juga memberikan satu fitur canggih lainnya yakni adanya voice monitor, dimana pemilik mobil ketika mobilnya dicuri bisa mendengarkan percakapan mobil di dalam kabin melalui handphone yang sudah dikoneksikan dengan sistem keamaan.

Untuk mendapatkan kecanggihan keamanan ini, Eddy menegaskan harganya dibanderol dengan Rp3.500.000 sepaket dengan pemasangan. Sistem keamanan ini juga bisa dipakai pada semua kendaraan.

“Di sisi lain, pengguna mobil juga dapat menghidupkan mesin dan ac kapan dan dimanapun dengan handphone,” ujarnya.

Namun, Eddy mengingatkan bahwa salah satu kelemahan mobil ini adalah harus diparkir pada tempat dengan signal handphone yang kuat sehingga koneksi tetap terjaga.     

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper