Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IIMS 2013: Mobil Konsep dari Jepang

Bisnis.com, JAKARTA - Seperti biasa, ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) berlangsung apda 19 September 2013 tak sekedar menampilkan model terbaru tapi juga mobil konsep. Kendaraan masa depan buatan Toyota dan Daihatsu adalah yang paling menyita

Bisnis.com, JAKARTA - Seperti biasa, ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) berlangsung apda 19 September 2013 tak sekedar menampilkan model terbaru tapi juga mobil konsep. Kendaraan masa depan buatan Toyota dan Daihatsu adalah yang paling menyita perhatian pengunjung kali ini.

PT Toyota Astra Motor (TAM), agen tunggal pemegang merek Toyota, menampilkan 2 mobil konsep yang tampilannya jauh berbeda masing-masing. Ada Toyota Fun-Vii lebih menyerupai city car dan repelika TS030 si mobil balap hybrid.

Direktur Pemasaran TAM Rahmat Samulo mengatakan kedua kendaraan konsep tersebut berangkat dari komitmen Toyota untuk mobil-mobil yang akan dikembangkan ke depan harus hemat energi dan ramah lingkungan.

"Ini sejalan dengan semangat Toyota untuk melanjutkan pengembangan teknologi kendaraan yang lebih cerdas, bukan hanya dari performa mesin tapi juga ramah lingkungan," tuturnya ditemui di sela acara IIMS di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Jumat (20/9/2013).

Toyota Fun-Vii tampil dengan wujud bodi full layar LED yang bisa menampilkan gambar bergantian. Mobil ini menawarkan kemampuan berinteraksi dengan orang maupun lingkungan sekitar.

Kendaraan ini bisa menampilkan emosi, perasaan hati hingga avatar si pengemudi. Gambar yang diinginkan tinggal dimasukkan ke ponsel cerdas yang ada di konsol depan mobil.

Interaksi Fun Vehicle Interactive (Fun-Vii) dengan kendaraan lain dilakukan melalui jaringan elektronik yang bisa dikontrol melalui smartphone. Mobil berisi 3 tempat duduk ini pertama kali tampil ke publik dua tahun lalu di Tokyo Motor Show.

"Fun-Vii ini menggunakan full listrik. Mobil ini bukan sekedar alat transportasi tapi juga medium interaksi antarmanusia, mobil, dan lingkungan. Kursinya di depan dua, belakang satu. Tapi kami belum punya data detil karena ini masih mobil konsep," ucap Rahmat.

Sedangkan Toyota TS030 bentuknya menyerupai Formula 1, bedanya ini adalah mobil balap berteknologi Toyota Hybrid System-Racing (THS-R). Kendaraan ini adalah mobil balap hybrid pertama yang mengaspal di ajang kebut-kebutan Le Mans 24 hours.

Toyota TS030 Hybrid tampil sebagai peserta utama di kelas LMP1 (Le Mans Prototype) berbekal perkawinan dua sistem penggerak, mesin konvensional dan mesin listrik alias hybrid. Teknologi THS-R menggabungkan mesin konvensional 3.400 cc dengan V8 berdaya 530 tenaga kuda lus motor listrik bertenaga 300 tenaga kuda.

Presiden Direktur TAM Johnny Darmawan mengungkapkan keseluruhan daya ledak TS030 sebesar 830 tenaga kuda hampir setara dengan Formula 1. “Racikan Toyota ini salah satu pelopor kendaraan hybrid di dunia, mampu membawa sistem hybrid selangkah lebih maju ke hal yang sebelumnya belum terbayangkan,” katanya.

Cara kerja TS030 hybrid menyerupai Kinetic Energy Recovery System (KERS) yang memungkinkan motor listrik menyimpan tenaga hasil momentum pengereman pada kapasitor. Ketika berakselerasi daya itu dipakai sebagai tambahan daya dorong. Saat mengerem, energi yang terbuang akan mengisi kapasitor lagi.

Mobil balap tersebut pertama kali muncul di FIA World Endurance Championship (WEC) 2012. TS030 memimpin pada 3 seri terakhir WEC di 6 hours of Sao Paulo, 6 hours of Fuji, dan 6 hours of Shanghai. Hingga kini, mobil itu sudah mengaspal pada sembilan ajang balap menggondol tiga kali juara dan empat kali pole position.

Bukan cuma Toyota yang pamer mobil konsep, Daihatsu melalui PT Astra Daihatsu Motor (ADM) melakukan hal yang sama. Tak tanggung-tanggung ada 8 concept car yang dipajang.

Kendaraan itu ialah Ultra Function Compact (UFC-2) mobil kompak sporty untuk tujuh penumpang, Cross Over Utility Vehicle (CUV) mobil multifungsi keluarga, DR-Estate, New Compact (NC-Y) dan NC-Z. Tiga unit lain adalah varian mobil murah ramah lingkungan Ayla, yakni Ayla GT (sport), Ayla Luxury (elegant), dan Ayla X-Track (cross over). Dua mobil sisanya adalah varian global Ayla, yaitu Ayla Aero Package Varian M Sporty dan Ayla X Elegan.

Presiden Direktur ADM Sudirman M.R. menyampaikan penampilan 8 mobil konsep itu sejalan dengan tema Daihatsu di IIMS 2013 "compact ECO Mobility Best Friend". "Artinya, kami sahabat bagi mereka yang membutuhkan kendaraan hemat dan efisien dengan harga terbaik,” ucap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper