Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

KAMUS OTOMOTIF: Mengetahui Performa Kendaraan dari Tenaga Kuda

Bisnis.com, JAKARTA—Mungkin Anda pernah dengar istilah tenaga kuda atau horsepower dalam penjelasan spesifikasi mesin kendaraan tetapi tidak semua orang mengerti betul maksudnya.
Dini Hariyanti
Dini Hariyanti - Bisnis.com 27 Agustus 2013  |  15:30 WIB
KAMUS OTOMOTIF: Mengetahui Performa Kendaraan dari Tenaga Kuda
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Mungkin Anda pernah dengar istilah tenaga kuda atau horsepower dalam penjelasan spesifikasi mesin kendaraan tetapi tidak semua orang mengerti betul maksudnya.

Horsepower yang biasa disingkat dengan hp bisa diartikan keluaran tenaga murni dengan salah satu perbandingannya, yakni 1 hp setara 746 watt. Rumusnya, hp = (torsi x putaran mesin) / 5.252. Dengan kata lain, hp merupakan tenaga yang dihasilkan torsi pada putaran mesin tertentu.

Pertama-tama istilah tenaga kuda atau daya kuda dipakai untuk membangunkan performa mesin uap dengan tenaga tarikan kuda (draft horse). Kemudian, satuan ini diterapkan untuk mengukur daya yang keluar dari piston, turbin, motor listrik, dan mesin lain.

Untuk kinerja mesin kendaraan bermotor, horsepower mudahnya dipahami sebagai daya yang dihasilkan oleh putaran roda kendaraan. Bisa dianalogikan torsi untuk menentukan kemampuan akselerasi kendaraan, sedangkan tenaga kuda menentukan kecepatan tertinggi yang bisa dicapai kendaraan.

Kamus bebas Wikipedia menjelaskan definisi tenaga kuda bergantung pada aplikasinya, antara lain :

Daya kuda mekanis (mechanical horsepower) adalah nilai yang besarnya setara dengan 550 kaki-pound per detik atau 33000 kaki-pound per menit, setara dengan 745.7 watt.

Daya kuda metrik (metric horsepower) adalah nilai yang besarnya setara dengan 75 kgf-m per detik atau setara dengan 735.499 watt.

Daya kuda boiler (boiler horsepower) digunakan untuk mengukur tingkat kemampuan boiler uap yang nilainya setara dengan daya yang digunakan untuk menguapkan 34.5 pound air per jam pada temperatur 212 derajat Fahrenheit, atau 9809.5 watt.

Daya kuda hidraulik besarnya sama dengan daya kuda mekanik, yaitu 745.7 watt, yang berarti 1/1714 kali laju aliran (US gallon per menit) dikalikan tekanan (psi).

Untuk motor listrik, satu daya kuda setara dengan 746 watt. Angka yang tertulis pada label merupakan daya output, bukan daya input. Motor listrik produksi Continental European menggunakan dual rating di mana 1 hp setara dengan 735 watt.

Adapun pferderstaerke (PS) merupakan terjemahan daya kuda dalam bahasa Jerman. Nilainya kurang lebih setara dengan 1 daya kuda metrik. Setiap 1 hp tidak sama persis dengan 1 PS, yakni 1 PS = 0.986320070619514 hp atau 1 hp = 1.01386966542402 PS.

Perbedaan ini disebabkan kebiasaan penggunaan satuan daya. PS biasanya dipakai ilmuwan di Jerman dan negara Eropa lain, sedangkan AS menggunakan hp.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kamus otomotif torsi horsepower tenaga kuda

Sumber : Berbagai sumber

Editor :
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top