Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BMW Uji Performa i8 362 Tenaga Kuda

Bisnis.com, JAKARTA— BMW menggelar uji kendara i8 untuk mempertontonkan performanya di Miramas, Prancis, belum lama ini. Pabrikan otomotif asal Jerman itu mengklaim keunggulan seri ini dibandingkan i3 yang rilis sebelumnya lebih kepada teknologi

Bisnis.com, JAKARTA— BMW menggelar uji kendara i8 untuk mempertontonkan performanya di Miramas, Prancis, belum lama ini. Pabrikan otomotif asal Jerman itu mengklaim keunggulan seri ini dibandingkan i3 yang rilis sebelumnya lebih kepada teknologi mesin yang digunakan.

Mesin i8 berkapasitas 1.500 cc 3 silinder dengan 231 tenaga kuda (horse power/hp) yang dipasang pada bagian belakang mobil. Sedangkan di sisi depan terdapat motor listrik 131 hp sehingga totalnya kecepatan mobil ini setara dengan 362 hp.

BMW tersebut dilengkapi transmisi otomatis 6-speed dan girboks 2-stage otomatis. Masing-masing bertugas mengirim tenaga untuk menggerakkan roda belakang dan roda depan, seperti dipaparkan gizmag.com.

Spesifikasi mesin itu membuat BMW i8 dapat berakselerasi dari kecepatan 0 kilometer/jam hingga 100km/jam dalam waktu 4,5 detik dengan kecepatan tertinggi 250 km/jam.

Speed yang dapat ditempuh mobil sport ini dengan mengandalkan motor listrik saja mencapai 120 km/jam, jarak tempuh sepanjang 35 km. Konsumsi bensinnya pun terbilang irit yakni 2,5 liter per 100 km dengan emisi CO2 kurang dari 59 gram per km.

Untuk pengoperasian secara elektrik, baterai lithium-oin butuh waktu pengisian ulang sekitar 3,5 jam dengan daya masuk 120 volt. Kalau daya listrik bisa mencapai 220 volt hanya butuh pengisian setrum ke baterai selama 1,5 jam saja.

Bobot i8 seberat 1.451 kilogram lantaran BMW menggunakan material ringan seperti serat karbon dengan distribsi berat 50:50. Dimensi panjang mobil plug-in hybrid BMW i8 itu 184 inci, lebar 76 inci, dan tinggi 50 inci.

Kendaraan yang tampil dengan pintu gaya kupu-kupu alias berayun ke atas ini akan tampil dalam ajang Frankfurt Motor Show pada September 2013. BMW berencana menjual bebas i8 362 tenaga kuda mulai tahun depan. (ltc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Sumber : gizmag.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper