Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

TOYOTA Targetkan Kuasai 50% Pasar Sedan Entry

BISNIS.COM, SEMARANG – PT Toyota Astra Motor (TAM) melakukan penetrasi di kelas sedan entry dengan menghadirkan produk terbarunya All New Vios yang diharapkan dapat tetap menjadikannya market leader dengan penguasan pasar hingga 50% tahun ini.
Puput Ady Sukarno
Puput Ady Sukarno - Bisnis.com 29 Mei 2013  |  20:47 WIB

BISNIS.COM, SEMARANG – PT Toyota Astra Motor (TAM) melakukan penetrasi di kelas sedan entry dengan menghadirkan produk terbarunya All New Vios yang diharapkan dapat tetap menjadikannya market leader dengan penguasan pasar hingga 50% tahun ini.

Marketing Deputy Division Head PT. Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi mengatakan Toyota mengharapkan pertumbuhan pasar kelas sedan entry pada tahun ini meningkat 10%-20% menjadi kisaran 5000–6000 unit, dibandingkan realisasi 2012 yang hanya sekitar 3000-4000 unit.
 
“Dengan hadirnya All New Vios ini diharapkan pasar makin terbuka, paling tidak ada peningkatan 10%-20% dibandingkan tahun lalu. Ini sudah cukup bagus, mengingat pasar sedan dalam beberapa tahun terakhir memang mengalami penurunan,” tuturnya, disela launching All New Vios di Semarang, Rabu (29/5/2013).
 
Jimmi mengatakan penurunan market sedan tersebut diakibatkan munculnya sejumlah produk baru pada kelas SUV, MPV maupun Hatcbak yang cukup pesat dengan segala inovasi terbarunya, sementara produk–produk pada segmen sedan kurang banyak inovasi baru dan model yang tidak begitu berubah sehingga respon pasar terbatas.
 
“Marketnya terus turun dari sebelumnya sekitar 5% menjadi hanya 2% pada 2012 lalu, akibat himpitan dari produk–produk terbaru yang hadir secara sporadis pada kelas selain sedan, terutama MPV, SUV dan hatchback,” tuturnya.
 
Dia mengatakan, melihat hal tersebut diharapkan kehadiran All News Vios dapat mendongkrak pasar sedan, dimana saat ini Toyota telah menjadi market leader dengan penguasan pasar hingga lebih dari 40%.
 
“Kami optimistis produk terbaru ini mampu diterima masyarakat dan memperluas pasar, serta diharapkan tetap menguasai pasar dengan market share diatas 50%, dengan target penjualan minimal sebesar 300-400 unit per bulannya,” ujarnya.
 
Fatrijanto, Managing Director Nasmoco Group, dealer utama Toyota Jateng-DIY menargetkan penjualan All New Vios dapat mencapai 130 unit selama setahun ke depan.
 
Menurutnya dalam beberapa tahun terakhir pangsa pasar sedan entry di Jateng-DIY menunjukkan trend positif, meskipun dengan jumlah unit yang tidak terlalu besar.
 
“Sepanjang triwulan pertama tahun ini pangsa pasar sedan entry telah mencapai sebanyak 87 unit, tumbuh 272% dibandingkan tahun sebelumnya, dimana 47,1% diantaranya telah dikuasai Toyota Vios,” tuturnya.
 
Pihaknya mengharapkan dengan hadirnya All New Vios, pasar sedan entry di Jateng-DIY semakin terbuka hingga mencapai 260 unit setahun, dan diharapkan 50% diantaranya dikuasai Toyota Vios,” tuturnya. (dot)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sedan toyota \ ambisi kuasi pasar seda
Editor : Endot Brilliantono

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top