Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IIMS 2013: Panitia Tambah Fasilitas dan Pelayanan

BISNIS.COM, JAKARTA -- Panitia penyelenggara Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 menambah beberapa fasilitas dan pelayanan  guna mengakomodir antusiasme peserta dan pengunjung pameran.Johnny Darmawan, Ketua Penyelenggara IIMS 2013, menuturkan

BISNIS.COM, JAKARTA -- Panitia penyelenggara Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 menambah beberapa fasilitas dan pelayanan  guna mengakomodir antusiasme peserta dan pengunjung pameran.

Johnny Darmawan, Ketua Penyelenggara IIMS 2013, menuturkan penambahan area semi permanen dilakukan untuk memenuhi kebutuhan industri pendukung otomotif yang jumlahnya terus meningkat.

“Dukungan terhadap pelaksanaan IIMS tidak hanya datang dari seluruh APM anggota Gaikindo, tetapi  yang sama juga ditunjukkan oleh industri-industri pendukung,” tuturnya, Jumat (26/4).

Johnny menjelaskan IIMS 2013 akan memaksimalkan 75% dari penggunaan lahan JIExpo, tempat penyelenggaraan pameran, yakni seluas 75.101 m2 yang digunakan untuk area pamer.

Adapun, lanjutnya, lebih dari 10.000 m2 digunakan sebagai area semipermanen, yang kali ini ditambahkan dua area baru, sehingga total terdapat lima tempat utama yang disiapkan khusus bagi industri pendukung otomotif.

“IIMS merupakan barometer industri otomotif di Indonesia. Oleh karena itu, Gaikindo berharap pameran ini terus semakin lebih baik, agar bisa memberikan gambaran kepada dunia internasional semakin majunya industri otomotif tanah air,” kata Sudirman M.R., Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Dia mengungkapkan mulai beroperasinya pabrik baru beberapa Agen Pemegang Merek (APM) seperti Nissan, Honda, dan Daihatsu, juga menjadi indikasi positif perkembangan industri otomotif di dalam negeri.

Menurutnya, antusiasme menyambut pameran tersebut semakin terbangun melalui respon positif dari masyarakat terhadap program mobil murah dan ramah lingkungan atau  low cost and green car (LGCC).

Pameran yang berlangsung selama 11 hari pada 19 - 29 September 2013 tersebut diikuti 35 APM yang terdiri dari 26 produsen mobil penumpang yakni Audi, BMW, Chevrolet, Chrysler, Dodge, Daihatsu, Ford, Honda, Hyundai, Inviniti, Jeep, KIA, Mazda, Mercedes-Benz, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Peugeot, Proton, Renault, Smart, Subaru, Suzuki, Tata Motors, Toyota, dan VW.

"Sementara itu, dari jajaran commercial vehicles akan hadir 9 brand yakni Dyna, FAW, Foton, Fuso, Hino, Isuzu, MAN Trucks, Tata Motors, dan UD Trucks," paparnya.

Johnny menambahkan meluasnya area pamer juga akan diikuti peningkatan kenyamanan pengunjung yang pada pameran tahun lalu mendapat kritikan karena dinilai kurang nyaman.

Dia mengatakan apabila pada penyelenggaraan IIMS 2012 menyediakan lima akses masuk untuk pengunjung, pada pameran tahun ini, panitia mempersiapkan dua akses tambahan sehingga totalnya tujuh pintu masuk.

Penambahan akses pertama, lanjutnya, akan terletak pada area hall C2, sehingga pengunjung yang datang dan memarkirkan kendaraan dari arah area parkir barat tidak harus lagi berjalan menuju pintu masuk yang sebelumnya hanya berada di area Gedung Pusat Niaga (GPN).

"Dengan adanya satu akses baru pada area hall C2, pengunjung dapat langsung menikmati area pameran dengan lebih mudah," ujarnya.

Dia menuturkan akses tambahan lainnya terletak pada area semipermanen hall. Selain itu, panitia menyiapkan sembilan pintu keluar masuk utama dengan delapan pintu penghubung yang menyambungkan dari satu area semi permanent hall satu dan lainnya.

Pihaknya juga menyiapkan jasa pengiriman barang resmi bagi pengunjung pameran yang bekerja sama dengan JNE, sehngga pengiriman produk otomotif berukuran kecil akan lebih mudah. (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Maftuh Ihsan
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper