Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

GIICOMVEC 2018 : Pasar Karoseri Tidak Akan banyak Berubah

Asosiasi Karoseri Indonesia menilai pasar para pelaku usaha industri karoseri tidak akan banyak berubah pada Maret 2018 meskipun terdapat pameran kendaraan niaga Gaikindo Indonesia Internasional Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2018
Aktivitas karyawan di pabrik karoseri truk di kawasan industri Bukit Indah City, Purwakarta, Jawa Barat./JIBI-Nurul Hidayat
Aktivitas karyawan di pabrik karoseri truk di kawasan industri Bukit Indah City, Purwakarta, Jawa Barat./JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA—Asosiasi Karoseri Indonesia menilai pasar para pelaku usaha industri karoseri tidak akan banyak berubah pada Maret 2018 meskipun terdapat pameran kendaraan niaga Gaikindo Indonesia Internasional Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2018.

Sekretaris Jenderal Asosiasi Karoseri Indonesia (Askarindo) T.Y. Subagio mengatakan, pasar kendaraan niaga sangat berbeda dengan pasar kendaraan penumpang. Konsumen kendaraan penumpang akan tertarik begitu agen pemegang merek mengeluarkan kendaraan dengan tipe baru atau pun teknologi baru.

Sementara itu di kendaraan niaga, konsumen akan tetap menggunakan kendaraannya selama produk tersebut bisa digunakan. Kecuali, lanjutnya para pelaku usaha truk atau bus ingin melakukan ekspansi atau pengembangan bisnis.

“Pasar untuk kendaraan niaga tidak seperti kendaraan penumpang. Begitu keluar tipe baru atau teknologi baru ditetapkan menjadi daya tarik tinggi,” kata Subagio di Jakarta, Kamis (8/2/2018).

Dia menjelaskan, para pelaku usaha kemungkinan akan tertarik terhadap produk yang ditawarkan ketika mengunjungi pameran kendaraan niaga. Akan tetapi, keputusan untuk melakukan pembelian tidak menutup kemungkinan baru akan terjadi pada tahun depan.

Dia mengingatkan, pesanan – pesanan yang dikerjakan oleh para pelaku usaha karoseri di dalam negeri bisa saja merupakan pesanan yang telah dilakukan pada tahun kemarin.

Tidak hanya itu, lanjutnya, para pelaku usaha karoseri juga tidak mudah mengundang para pelaku usaha transportasi seperti angkutan bus maupun truk sebagai konsumennya lantaran biasanya mereka sudah memiliki tempat yang menjadi langganannya sendiri.

Besaran peluang yang mungkin didapatkan para pelaku usaha karoseri dalam pameran yang diadakan pada 1 – 4 Maret 2018 tersebut sama dengan peluang di pameran-pameran lain yang diikuti oleh para pelaku usaha karoseri.

“[Angkanya] Tidak akan berubah. Pasarnya hanya itu-itu saja, pelaku usaha soalnya,” katanya.

Meskipun begitu, dia menuturkan, tetap ada harapan bahwa acara pameran tersebut dapat menumbuhkan pasar industri karoseri secara signifikan mengingat pameran tersebut khusus untuk kendaraan-kendaraan niaga.

Menurutnya, pameran khusus kendaraan niaga memiliki potensi yang lebih baik dalam menggaet calon konsumen bagi para pelaku usaha karoseri dibandingkan dengan acara GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yudi Supriyanto
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper