Buntut Skandal Emisi Diesel, VW Protes ke Pengadilan Konstitusi

VW akan mengajukan petisi ke pengadilan konstitusional Jerman dalam upaya pembatalan pengangkatan auditor khusus yang ditugaskan untuk menyelidiki manajemen dalam skandal dieselgate.
Tegar Arief | 29 Desember 2017 14:38 WIB
Michael Horn saat memberi kesaksian di parlemen soal skandal emisi VW. - Reuters/Gary Cameron

Bisnis.com, FRANKFURT - Volkswagen (VW) akan mengajukan petisi ke pengadilan konstitusional Jerman dalam upaya pembatalan pengangkatan auditor khusus yang ditugaskan untuk menyelidiki manajemen dalam skandal dieselgate.

Dikutip dari Reuters, Jumat (29/12/2017), pada bulan lalu pengadilan telah menunjuk auditor khusus untuk menyelidiki apakah para petinggi di perusahaan tersebut menyembunyikan informasi mengenai manipulasi uji emisi kendaraan bermesin diesel.

Seorang juru bicara perusahaan otomotif terbesar di Eropa ini membenarkan hal tersebut. Dia mengatakan bahwa perusahaan akan mengadu ke pengadilan konstitusional. Namun mengenai rincian dan jadwal aduan itu masih dirahasiakan.

Skandal emisi diesel VW terungkap pada September 2015 di Amerika Serikat. Perusahaan yang bermarkas di Jerman ini bertanggungjawab dengan melakukan pembelian kembali dan pembayaran denda.

Setidaknya, VW telah mengeluarkan dana senilai US$4,3 miliar untuk menyelesaikan skandal ini. Namun perusahaan tidak pernah menerbitkan laporan mengenai kecurangan termasuk para pejabat perusahaan yang diduga terlibat.

Sementara itu, perusahaan yang membawahi sejumlah merek mobil ini menegaskan bahwa pihak manajemen akan selalu mematuhi kewajiban peraturan berdasarkan yang ditetapkan oleh Pemerintah Jerman.

Tag : volkswagen, Skandal Uji Emisi VW
Editor : Rustam Agus
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top